Pemakai Kawat Gigi Butuh Colostrum

a woman using braces smiling

Sahabat Enzim – Pemakai kawat gigi sering kali mengalami sariawan karena behel bergesekan dengan lidah dan dinding mulut. Gusi juga akan mengalami radang karena gigi yang ditarik menyesuaikan peletakan bracket dan kawatnya.

Selain sariawan dan radang di gusi, gigi yang dipakaikan kawat akan terasa lemah dan ngilu saat bergesakan dengan makanan. Pemakai kawat gigi bisa mengurangi rasa nyeri dengan melumat makanan terlebih dahulu sebelum makan.

Rasa sakit dan sariawan biasanya akan dialami selama satu hingga dua pekan pertama setelah pemasangan. Di pekan ketiga, gigi yang terasa tertarik mulai mengendur sehingga bisa mengonsumsi makanan yang sedikit lebih padat.

Biasanya gigi akan kembali terasa sakit saat ada tindakan penarikan dengan karet atau penggantian kawat yang memanjang. Biasanya, tindakan ini dilakukan tiga pekan sekali.

Pemakaian behel biasanya sekitar 18 bulan hingga 2,5 tahun. Namun bisa lebih lama tergantung dari tingkat kasusnya. Jika dihitung secara keseluruhan, pemakai kawat gigi harus melakukan pergantian karet sebanyak 32 kali. Artinya, pemakai akan mengalami rasa nyeri setiap tiga pekan sekali.

Berkumur saja tidak cukup untuk meredakan ngilu dan sariawan akibat kawat gigi. Pemakai behel membutuh protein kompleks seperti colostrum. Colostrum berfungsi melembabkan mulut kering, menghambat perlengkatan bakteri, meningkatkan pertahanan alamiah di rongga mulut, serta mengurangi kolonisasi bakteri streptoccocus mutans, penyebab gigi berlubang.

Dalam colostrum, terkandung terdapat antibodi tinggi atau immunoglobulin. Imunoglobulin bereaksi terhadap benda asing terutama bakteri, jamur dan virus.

Zat lain yang ada pada colostrum yakni lactoferrin bermanfaat dalam cairan tubuh terutama jika ada peradangan. Dengan zat ini, sariawan dan ngilu akan cepat disembuhkan.

Sahabat Enzim, semua manfaat colostrum ini dapat dirasakan cukup dengan menggunakan Pasta Gigi Enzim Orthodontic. Tak hanya colostrum, pasta gigi Enzim Orthodontic juga memliki kandungan allantoin yang berfungsi mempercepat penyembuhan luka di rongga mulut atau sariawan.

Pemakaian Enzim Orthodontic tak perlu dengan berkumur atau membasahi sikat sebelum menggosok gigi. Hal ini dikarenakan pasta gigi ini tanpa detergen, sehingga tidak membutuhkan air untuk menggunakannya.

Aktivitas berkumur sering kali membuat ngilu karena air bersinggungan dengan gigi yang dikawati. Jadi, pemakai kawat gigi hanya perlu berkumur sekali setelah menggosok gigi.

Kini, Sahabat Enzim bisa nyaman menggunakan kawat gigi dengan menggunakan pasta gigi Enzim Orthodontic.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
×
×

Cart

Need Help? Chat with us