PRODUCT KNOWLEDGE

FAQ

Karena deterjen merusak kualitas air ludah dan membuat mulut kering serta merusak indera pengecap sehingga rasa makanan berubah menjadi pahit atau hambar sesaat setelah menggosok gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung deterjen.

Produk pasta gigi enzim aman digunakan untuk sehari-hari dalam jangka panjang karena kandungan enzim Amiloglucosidase (AMG), Gluco-oksidase (GO) dan Laktoperoksidase (LPO) yang berperan mengembalikan fungsi alamiah sistem laktoperokidase (anti-bakteri) di dalam air liur sehingga dapat mengontrol perkembangbiakan bakteri dalam rongga mulut.

Enzim bukan obat sariawan. Enzim adalah pasta gigi yang baik dipakai untuk perawatan sehari-hari. Fungsi utama pasta gigi enzim adalah menjaga keseimbangan flora mulut. Maka jika rutin menggunakan pasta gigi enzim , keseimbangan flora mulut akan terjaga, termasuk bakteri penyebab sariawan (streptococcus sanguis) akan dapat dikendalikan. Alhasil, sariawan akan dipercepat penyembuhannya dan selanjutnya akan membantu mencegah berulang kembali.

Enzim-enzim di dalam pasta gigi enzim berfungsi memperbaiki kualitas air ludah sehingga air ludah dapat aktif kembali mengontrol perkembangbiakan bakteri di dalam rongga mulut (fungsi bakteriostatis). Jika bakteri di rongga mulut selalu dalam kondisi terkontrol maka banyak problem gigi dan mulut yang akan dapat dicegah.

Ya. Sistem kerja pasta gigi enzim adalah mengontrol bakteri di dalam rongga mulut. Jika bakteri dapat dikontrol perkembangbiakannya maka terjadinya bau mulut akan dihambat.

Tanpa membasahi sikat gigi, tanpa berkumur dahulu, sikatlah gigi dengan pasta gigi enzim selama 2 menit, setelah itu baru berkumur. Cara kering ini dimaksudkan agar gerakan mekanis menyikat gigi dapat merangsang keluarnya air ludah lebih banyak sehingga dapat berbaur dengan enzim-enzim yang terdapat di dalam pasta gigi. Juga karena pasta gigi enzim tidak mengandung deterjen maka dimungkinkan untuk menyikat gigi tanpa air.

Sampai saat ini kami memproduksi 6 varian produk yaitu : pasta gigi enzim anak-anak (dengan 4 pilihan rasa), pasta gigi enzim mixdent (untuk usia 7-15 tahun), pasta gigi enzim dewasa (dengan 2 pilihan rasa), pasta gigi enzim 40+, pasta gigi enzim orthodontic dan enzim mouthwash.

Enzim-enzim yang terkandung di dalam pasta gigi enzim: Amiloglucosidase, Gluco-oxidase dan lactoperoxidase. Selain enzim-enzim tersebut juga ditambahkan beberapa protein seperti lizozim, lactoferrin, dan lain lain.

Ya. Selain ukuran 130 ml dan 100 ml, pasta gigi enzim juga tersedia dalam ukuran 50 ml dan 35 ml yang praktis digunakan untuk bepergian.

Colostrum yang digunakan berasal dari colostrum sapi (bovine)

Colostrum di dalam pasta gigi enzim mempunyai beberapa fungsi yaitu : membantu melembabkan mulut kering (moisturizer), menghambat pertumbuhan dan perlekatan bakteri, menetralisir toxin / racun yang dihasilkan oleh bakteri, meningkatkan pertahanan alamiah di rongga mulut, mengurangi kolonisasi bakteri streptoccocus mutans.

Logo enzim product knowledge

KESEHATAN GIGI DAN RONGGA MULUT

FAQ

Sama seperti organ tubuh yang lain, rongga mulut penting untuk dijaga kesehatannya, terlebih karena mulut adalah pintu gerbang bagi masuknya penyakit ke dalam tubuh. Ingat, sebagian besar penyakit manusia masuknya melalui mulut !

Setiap hari manusia makan melalui mulut, sehingga akan terdapat sisa-sisa makanan di dalam mulut dan sisa-sisa makanan ini akan mengendap di gigi berupa deposit lunak, menjadi sarang bakteri. Deposit lunak inilah yang disebut dengan plak. Jika lalai memelihara kesehatan rongga mulut maka timbunan plak akan meningkat. Plak adalah awal dari banyak problem rongga mulut seperti gigi berlubang, radang gusi, bau mulut, dan lain lain.

Cara yang baik memelihara rongga mulut adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan alami. Hindari bahan-bahan kimia di dalam makanan. Namun karena hal ini nyaris mustahil untuk dilakukan maka peranan menyikat gigi sangatlah besar dalam memelihara kesehatan rongga mulut.

Hal sederhana yang sering disarankan para ahli untuk menjaga kesehatan rongga mulut adalah dengan menyikat gigi secara rutin terutama menjelang tidur malam. Saran para ahli ini berhubungan dengan proses pencegahan terjadinya penyakit gigi. Menyikat gigi sebelum tidur malam sangat dianjurkan karena berkaitan erat dengan berkurangnya produksi air ludah saat tidur sehingga fungsi air ludah sebagai penjaga keseimbangan perkembangbiakan bakteri menjadi berkurang. Jika bakteri berkembang biak tidak terkontrol, maka akan menghasilkan asam yang melarutkan lapisan gigi paling luar (biasa disebut email). Proses larutnya email tersebut pertanda dimulainya proses gigi berlubang. Menyikat gigi dengan bahan yang tepat sangat diperlukan untuk mengantisipasi menurunnya fungsi kontrol air ludah terhadap bakteri akibat produksi air ludah yang berkurang.

Pasta gigi sebagai agent yang digunakan untuk menyikat gigi memiliki peranan yang besar dalam memelihara kesehatan rongga mulut. Pasta gigi selalu berkontak langsung tidak hanya dengan gigi yang disikat namun juga dengan seluruh bagian rongga mulut. Maka pemilihan pasta gigi yang tepat akan menjadi faktor yang (sangat) penting dan berpengaruh. Gunakan pasta gigi yang tidak hanya membersihkan gigi namun juga mampu mengembalikan fingsi air ludah dalam mengontrol bakteri. Jika bakteri dapat dikendalikan maka penyakit di dalam mulut dapat diturunkan insidensinya.

Pasta gigi enzim memberikan beberapa manfaat lebih sebagai agent pembersih gigi sekaligus memperbaiki kualitas air ludah. Sebagaimana telah diketahui secara luas bahwa air ludahlah yang berperan sebagai penjaga kesehatan rongga mulut manusia. Manfaat-manfaat yang diberikan oleh pasta gigi enzim, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Bahan pembersihnya termasuk golongan low abrrasive sehingga tidak merusak lapisan gigi.
    Tidak mengandung Sodium Lauryl Sulfate (bahan pembentuk busa) , sehinggga tidak menyebabkan mulut menjadi kering dan tidak merusak papilla indera pengecap (ket : pada pasta gigi yang mengandung sodium lauryl sulfate, setelah menggosok gigi lalu digunakan untuk makan, maka rasa makanan yang kita makan akan terasa hambar atau pahit). Sodium Lauryl Sulfate juga menyebabkan penyembuhan luka di rongga mulut menjadi lebih lama. Perlukaan di rongga mulut contonya adalah : sariawan dan gusi berdarah.
  2. Kandungan enzim-enzim amiloglukosidase, glukosa oksidase dan laktoperoksidase yang terdapat di dalam pasta gigi akan memperbaiki fungsi bakteriostatik air ludah. Fungsi bakteriostatik air ludah adalah kemampuan air ludah menghambat pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut. Jika bakteri di dalam rongga mulut mampu dikendalikan maka rongga mulut akan senantiasa sehat.
  3. Kandungan protein-protein lisozim dan laktoferrin di dalam pasta gigi akan memperkuat kerja protein-protein alamiah yang terdapat dalam air ludah sehingga pertahanan di rongga mulut dapat ditingkatkan.
  4. Kandungan colostrum di dalam pasta gigi enzim akan membantu melembabkan rongga mulut yang mengalami kekeringan.

Berbeda dengan pasta gigi lainnya, pasta gigi enzim tanpa mengandung bahan pembentuk busa Sodium Lauryl Sulfat atau sering dikenal masyarakat sebagai detergen. Kandungan enzim-enzimnya akan mampu mengembalikan kualitas air ludah sehingga pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut dapat dikendalikan. Pasta gigi enzim juga diformulasikan dengan bahan-bahan yang termasuk golongan food grade.

Pasta gigi enzim memiliki 6 varian produk yaitu enzim anak, enzim mixdent, enzim reguler, enzim 40+, enzim orthodontic dan enzim mouthwash.

Berdasarkan research diketahui bahwa menurunnya produksi air ludah dapat terjadi seiring dengan bertambahnya usia sehingga prevalensi penyakit di dalam mulut akan meningkat, seperti : gigi berlubang, radang gusi , radang jaringan penyangga gigi ,gigi mudah tanggal, mukosa mulut terasa kering (xerostomia) dan infeksi lain, bahkan memicu timbulnya bau mulut. Pasta gigi enzim 40+ adalah pilihan yang tepat karena kandungan Colostrum berfungsi meningkatkan kemampuan air ludah dalam mengontrol ekologi flora mulut dan memberikan kelembaban di rongga mulut. Vitamin E berfungsi meremajakan kondisi gusi dan jaringan lunak mulut. Potasium Citrate berfungsi membantu mengurangi rasa nyeri pada gigi sensitive. Zinc Gluconate berfungsi sebagai anti bad breath / mengurangi bau mulut. Allantoin berfungsi mempercepat penyembuhan luka di rongga mulut (wound healing agent)

Gigi sensitif terjadi akibat terbukanya saluran di dentin gigi yang disebut tubuli dentinalis. Akibatnya rangsang panas, dingin, manis, asam, dll masuk melalui tubuli dentinalis menuju pulpa gigi yang mengandung serabut syaraf. Rangsangan tersebut segera ‘ditangkap’ dan dikirimkan ke otak, sehingga kita segera merasakan ngilu sesaat seolah-olah seperti tersengat.

Pasta gigi enzim 40+ adalah varian yang tepat untuk membantu mengatasi problem gigi sensitif karena mengandung Potasium sitrat yang berfungsi menghambat pengiriman rangsang dari syaraf di pulpa gigi menuju otak, sehingga sensasi ngilu dapat diturunkan. Enzim Amiloglukosidase , Glukosa Oksidase dan Laktoperoksidase yang berfungsi mengembalikan sistem alamiah lakotoperoksidase di dalam air liur sehingga bakteri dapat dikendalikan pertumbuhannya (bakteriostatis). Jika bakteri dapat dikendalikan maka asamnya tidak akan melarutkan email dan peradangan gusi dapat ditekan insidensinya.

Healthy mouth and teeth

SEPUTAR ANAK-ANAK

FAQ

  1. Gangguan pengunyahan. Bila anak mengalami kerusakan pada giginya biasanya anak menjadi susah makan dan cenderung memilih makanan yang lunak atau berkuah agar mudah ditelan tanpa MENGUNYAH.
  2. Kehilangan penuntun pertumbuhan gigi permanen. Setiap gigi susu akan tanggal pada waktu yang tertentu dan akan digantikan oleh gigi permanennya. Kalau gigi susu rusak dan terpaksa dicabut sebelum waktu tanggalnya, maka benih gigi permanennya akan kehilangan penuntun arah tumbuh. Hal tersebut bisa menyebabkan susunan gigi permanennya menjadi crowded (berjejal/gingsul)
  3. Gangguan estetis. Anak dengan keadaan gigi yang rusak, terutama di bagian depan akan berkurang kecantikan atau ketampanannya. Yang perlu dicermati adalah beban psikologis anak ketika teman-temannya memberi komentar ‘gigis’ (rampant caries) atau “si gigi ompong”
  4. Gangguan fungsi bicara. Gigi berperan dalam pengucapan huruf-huruf tertentu seperti F,V,S,Z,Th. Jika gigi mengalami kerusakan yang berat, maka pelafalan akan terganggu(cedal).

Berbeda dengan pasta gigi yang lain, pasta gigi enzim anak tidak mengandung deterjen. Selain tidak mengandung deterjen, zat aktif di dalam pasta gigi Enzim anak-anak berfungsi untuk menjaga keseimbangan lingkungan mulut, sehingga bakteri/kuman di dalam rongga mulut yang hidup di dalam air ludah tidak diberi kesempatan untuk berkembang biak. Hasilnya, kerusakan gigi susu dapat dicegah dan kesehatan rongga mulut tetap terjaga.

Pasta gigi Enzim Anak hadir dengan kemasan yang menarik dan tersedia empat varian rasa yang disukai anak-anak yaitu rasa strawberry, rasa jeruk, rasa bubble gum dan rasa tutty fruity.

Chewing candy for kids

SEPUTAR KEHAMILAN

FAQ

Pada wanita hamil terjadi perubahan hormonal yang mengakibatkan perubahan lingkungan rongga mulut (oral environment) sehingga masalah di rongga mulut menjadi meningkat.

  1. Mencegah Radang gusi (gingivitis)
  2. Mencegah Gigi berlubang (caries)
  3. Mencegah Bau mulut (halitosis)
  4. Mencegah Pregnancy tumor (epulis gravidarum)
  1. Perubahan hormon progresteron dan esterogen menyebabkan peningkatan aliran darah ke seluruh tubuh terutama ke gusi. Hal ini menyebabkan pembuluh darah di gusi mudah pecah sehingga menyebabkan terjadinya radang gusi (pregnancy gingivitis). Perubahan hormon tersebut juga menyebabkan perubahan sifat bakteri yang biasanya bersifat aerob berubah menjadi anaerob. Bakteri-bakteri anaerob ini memicu terjadinya peningkatan bau mulut pada wanita yang tengah hamil.
  2. Kecenderungan terjadi mual-mual di pagi hari (morning sickness) akan menyebabkan suasana mulut menjadi asam. Suasana asam di dalam rongga mulut akan meningkatkan kemungkinan terjadinya gigi berlubang.
  1. Secara rutin periksakan rongga mulut ke dokter gigi, jangan menunggu hingga masalah timbul.
  2. Segera bilas rongga mulut dengan air putih jika terjadi mual dan muntah.
  3. Banyak mengkonsumsi buah yang berserat.
  4. Gunakan pasta gigi enzim selama masa kehamilan karena tidak mengandung Sodium Lauril Sulfat (deterjen), sehingga tidak membuat mulut menjadi semakin kering dan kandungan colostrumnya akan berfungsi meningkatkan kelembaban rongga mulut. Kandungan enzim-enzim dan protein dalam pasta gigi akan meningkatkan fungsi pertahanan air ludah sehingga bakteri dapat dikendalikan. Jika bakteri dapat dikendalikan
Healthy pregnant woman

SEPUTAR PUASA

FAQ

Bau mulut yang timbul pada saat berpuasa disebabkan berkurangnya produksi air ludah. Penurunan produksi air ludah berkaitan erat dengan tidak adanya aktifitas pengunyahan yang dilakukan pada saat berpuasa. Kekurangan air ludah ini menyebabkan pasokan oksigen di dalam mulut menjadi sedikit, sehingga bakteri anaerob berkembang biak tidak terkontrol, dan akan memutuskan rangkaian protein dalam air ludah, dan menghasilkan Sulfur ( VSC ) yg terdiri dari Hydrogen Sulfide – Metyl Mercaptan – Dimetyl Sulfide yang akan menimbulkan BAU MULUT.

Saat berpuasa mulut terasa kering karena produksi air ludah berkurang. Produksi kelenjar ludah sangat dipengaruhi oleh rangsangan-rangsangan yang diterimanya seperti pengunyahan, aroma masakan, aktifitas berbicara, dll. Semakin besar rangsangan yang diterima maka volume air ludah yang diproduksi juga akan semakin banyak. Pada saat berpuasa, aktivitas yang berhubungan dengan rongga mulut jauh menurun. Hal tersebut mengakibatkan berkurangnya produksi air ludah, sehingga mulut menjadi kering. Mulut yang kering memicu timbulnya bau mulut.

Ya! Penggunaan rutin pasta gigi enzim selama berpuasa akan menghilangkan bau mulut. Pasta gigi enzim tidak mengandung deterjen (sodium lauril sulfat) yang menyebabkan mulut menjadi lebih kering dan kandungan enzim-enzim dalam pasta gigi akan meningkatkan kualitas air ludah dalam mengontrol perkembangbiakan bakteri, termasuk bakteri anaerob penyebab bau mulut.

Fasting for a day
Close Menu