Kiat Jaga Kesehatan Gigi Lansia

Old people are smiling with almost porous teeth

Sahabat Enzim – Pada lansia terjadi kemunduran sel-sel karena proses penuaan. Akibatnya muncul gejala seperti kelemahan organ, kemunduran fisik, dan timbulnya berbagai macam penyakit. Salah satu hal yang mengalami kemunduran adalah kesehatan gigi lansia.

Kesehatan gigi yang buruk akan mempengaruhi kualitas hidup lansia. Banyak para lansia yang tidak lagi memperhatikan dan menjaga kesehatan giginya secara baik karena kesehatan fisiknya terganggu. Padahal, memelihara kesehatan gigi lansia merupakan hal penting.

Kurangnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dapat mengakibatkan invasi bekteri dan menimbulkan penyakit. Beberapa penelitian kedokteran gigi telah menemukan bahwa bakteri yang terdapat di dalam mulut merupakan salah satu penyebab stroke.

Berikut ini berbagai masalah kesehatan gigi yang sering kali dialami lansia:

1. Nyeri gigi atau sakit gigi

Nyeri gigi biasanya ditandai dengan gigi yang sensitif terhadap makanan atau minuman panas maupun dingin. Ngilu di gigi biasanya muncul karena adanya lubang kecil yang tak pernah diobati.

2. Ompong atau tidak bergigi

Gigi tanggal merupakan hal yang wajar bagi lansia, namun bukan berarti kondisi ini dapat didiamkan. Bila tanggal, sebaiknya segera membuat gigi tiruan agar tidak terganggu sistem pencernaan, ucapan, dan tak mengurangi percaya diri.

3. Penyakit gusi

Penyakit gusi di lansia lebih sering terjadi di usia lain. Penyakit gusi seperti gusi berdarah dan bengkak kerap terjadi karena tak rutin menyikat gigi, kebiasaan merokok, dan makanan lengket.

4. Mulut kering

Mulut kering atau xerostomia pada lansia karena penurunan produksi saliva pada lansia. Umumnya mulut kering pada lansia dapat terlihat pada bibir keriput atau pecah-pecah.

5. Sariawan

Kondisi ini dikarenakan para lansia kekurangan vitamin C, gesekan yang terjadi antara jaringan lunak di mulut dengan gigi tiruan. Padahal, kebutuhan vitamin C pada lansia lebih tinggi dibanding kelompok umur lain.

6. Kanker mulut

Kanker mulut biasanya ditandai dengan munculnya benjolan di rongga mulut. Detergen yang ada di pasta gigi menjadi salah satu pemicu penyakit ini.

Untuk mencegah dan meminimalisir gangguan kesehatan di kelompok lansia, para orang tua sebaiknya banyak mengkonsumsi air putih dan buah-buahan. Selain itu, mereka seharusnya tetap rajin menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur.

Sahabat Enzim, pasta gigi yang dipilih oleh kelompok lansia sebaiknya tidak mengandung sodium lauryl sulfate atau detergen. Detergen tak hanya membuat mulut kering tetapi juga mengurangi saliva yang ada di dalam mulut. Inilah penyebab gigi berlubang, bau mulut, sariawan, dan masalah mulut lainnya.

Para orang tua sebaiknya menggunakan pasta gigi tanpa detergen dan perlu ditambahi sejumlah protein kompleks. Misalnya seperti Enzim Orthodontic, pasta gigi yang tepat untuk pengguna kawat gigi ataupun bagi usia 60 tahun ke atas atau bagi mereka yang kondisi fisiologis mulutnya sangat kering.

Enzim amyloglucosidase, glucose oxidase, lactoperoxidase bermanfaat untuk mengembalikan kualitas air ludah agar dapat mengontrol keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut. Lysozyme dan lactoferrin bermanfaat untuk menangkal bakteri pathogen penyebab penyakit.

Potassium Nitrate bermanfaat untuk menghilangkan ngilu pada gigi sensitif. Serbuk Silica bermanfaat untuk menutup lubang dentin sehingga dapat mencegah terjadinya ngilu yang berulang. Allantoin bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka seperti sariawan dan gusi berdarah.

Enzim Orthodontic juga mengandung Zinc Gluconate bermanfaat untuk menetralisir bau mulut. Vitamin E bermanfaat untuk peremajaan jaringan yang terluka di mulut. Colostrum yang tinggi (10 kali lipat lebih tinggi dari Enzim 40 Plus) bermanfaat memberikan kelembaban ekstra pada rongga mulut lansia sehingga mulut tidak kering.

Colostrum bersinergi dengan enzimatik sistem yang ada di dalam pasta gigi, bermanfaat untuk meningkatkan kontrol terhadap bakteri di rongga mulut terutama pada kondisi mulut kering.

Enzim Orthodontic bertekstur lembut dengan bahan dasar low abrasive namun berdaya bersih tinggi, sehingga cocok digunakan para lansia yang ompong sekalipun. Karena selain fungsinya menjaga kesehatan gigi, Enzim Orthodontic meningkatkan dan menjaga kesehatan rongga mulut.

Ayo jaga kesehatan gigi lansia dengan menggunakan pasta gigi Enzim Orthodontic.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
Need Help? Chat with us