Tak Hanya Bayi, Colostrum Juga Bermanfaat untuk Gigi Dewasa

the veiled woman is leaning and smiling

Sahabat Enzim – Colostrum, protein tinggi yang terkandung pada air susu pertama mamalia 24-36 jam setelah melahirkan. Colostrum mengandung protein yang tinggi dan sejumlah sistem imun (kekebalan tubuh) untuk bayi yang baru lahir.

Gizinya yang mencukupi dianggap awal yang baik makanan pertama bayi.

Namun ternyata, colostrum tak hanya baik untuk bayi tetapi juga orang dewasa. Ada antibodi yang tinggi atau immunoglobulin di dalam colostrum. Imunoglobulin bereaksi terhadap benda asing terutama bakteri, jamur, dan virus.

Zat lain yang ada pada colostrum yakni lactoferrin bermanfaat dalam cairan tubuh terutama jika ada peradangan.

Karena itulah, colostrum juga bermanfaat bagi gigi tak hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa, bahkan lansia. Pada usia tersebut secara alamiah produksi air ludahnya mulai mengalami penurunan akibat pertambahan usia.

Berkurangnya produksi air ludah akan melemahkan fungsi perlindungan di dalam rongga mulut dan menyebabkan mulut menjadi kering.

Air ludah selain membantu proses pencernaan, juga berfungsi mencegah terjadinya infeksi di dalam rongga mulut dengan cara mengontrol perkembangan bakteri dan jamur yang berlebihan di mulut.

Air ludah mengandung protein yang disebut agglutinin yang mengikat mikroorganisme dan membentuk lapisan permukaan gigi. Colostrum dapat menghambat fungsi perlekatan dari agglutinin air ludah untuk beberapa bakteri.

Jika bakteri dapat dihambat perlekatannya pada permukaan gigi maka kerusakan gigi akan dapat dicegah.

Selain itu, colostrum juga bekerja bekerja melawan bakteri patogen dengan mengambil nutrisi essensialnya. Bakteri patogen, menurut pakar biologi Springer Verlag merupakan bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit.

Misalnya bakteri patogen oportunis pseudomonas aeruginosa yang dapat menginfeksi paru-paru bahkan menyebabkan kematian. Lactoferrin di dalam colostrum akan mengikat zat besi yang diperlukan bakteri untuk bertumbuh.

Untuk mendapatkan manfaat colostrum, kandungan ini dapat ditambahkan pada pasta gigi. Sayangnya, tak semua pasta gigi yang berada di pasaran jarang yang mengandung colostrum.

Sahabat Enzim, Anda bisa menikmati manfaat colostrum dengan Pasta Gigi Enzim 40 Plus. Protein-protein aktif colostrum yang ditambahkan di dalam pasta gigi Enzim ini dapat langsung melawan microorganisme jahat.

Jika bakteri dapat ditekan, keseimbangan ekologi rongga mulut dapat dijaga.

Penambahan colostrum pada pasta gigi enzim akan meningkatkan kembali kualitas air ludah yang menurun akibat berkurangnya produksi air ludah seiring dengan pertambahan usia. Fungsi lain yang tidak kalah pentingnya adalah membantu memberikan kelembaban pada mulut kering.

Menyikat gigi dengan Pasta Gigi Enzim 40 Plus tak perlu menggunakan air untuk membasahi sikat dan rongga mulut. Tujuannya agar enzim-enzim aktif dalam pasta gigi enzim langsung bekerja pada air liur. Cara ini justru dapat memperkuat kerja protein-protein alamiah di dalam air ludah dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Sahabat Enzim, rasakan manfaat colostrum dengan Pasta Gigi Enzim 40 Plus.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
Need Help? Chat with us