Terungkap, Penyebab Mulut Terasa Pahit Saat Sakit

A woman that is feeling sick cover herself with blanket

Dream – Saat badan kurang sehat, mulut dan lidah biasanya terasa pahit. Akibatnya, makanan lezat yang terhidang di meja makan akan berlalu begitu saja karena terasa pahit saat mengunyahnya. Padahal, asupan makanan sangat menentukan proses penyembuhan.

Pernahkan kamu penasaran mengapa indera pengecap kita tiba-tiba berubah menjadi pahit saat sakit. Ternyata selain karena obat, banyak faktor jadi pemicunya. Apa saja ya?

1. Kondisi gigi dan mulut

Mulut yang jarang dibersihkan akan dipenuhi bakteri dan kuman. Kondisi ini juga bisa terjadi saat kita dalam keadaan sakit.

2. Mengonsumsi obat-obatan

Penyebab mulut pahit bisa dikarenakan mengonsumsi obat-obatan. Misalnya seperti anti-tiroid, sediaan Zinc (seng), antibiotik, dan obat-obatan syaraf lainnya.

3. Berkurangnya produksi air liur

Sakit biasanya disertai dengan produksi air liur yang berkurang. Saliva yang minim akan menyebabkan pertumbuhan bakteri sehingga lidah terasa pahit.

4. Terganggunya indera penciuman

Indera penciuman yang terganggu akan mempengaruhi indera yang lain misalnya rasa. Indera perasa yang terganggu akan menyebabkan lidah terasa pahit.

5. Penyakit asam lambung

Asam lambung atau maag bisa menyebabkan lidah terasa pahit. Parahnya lagi, asam lambung menimbulkan gejala mual dan ingin muntah.

Ada banyak cara untuk mengatasi lidah terasa pahit, Sahabat Dream. Caranya dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan terutama jeruk dan lemon. Buah ini bisa merangsang produksi air liur dalam mulut.

Minum banyak air juga bisa meningkatkan produksi air liur. Mengapa air liur begitu penting? Karena air liur ternyata berperan sebagai pembersih alami yang dapat menekan pertumbuhan bakteri.

Jika sudah mengonsumsi buah-buahan dan minum teratur namun lidah masih terasa pahit, mungkin masalahnya ada di pasta gigi kamu. Pilihlah pasta gigi yang bebas dari Sodium Lauryl Sulphate (SLS), sejenis detergen untuk menghasilkan busa.

Detergen dalam pasta gigi ternyata membuat mulut menjadi kering. Sayangnya, banyak pasta gigi yang beredar di pasaran menggunakan bahan detergen ini. Karena itulah, kamu harus cermat memilih pasta gigi.

Pilihlah Enzim Freshmint yang dibuat dengan rasa mint. Pasta gigi ini mengandung lima enzim aktif yang membantu melindungi air ludah dengan mengontrol keseimbangan bakteri dalam mulut.

Enzim membantu mencegah gigi berlubang dan permasalahan gusi, menjaga gigi dan rongga mulut anda tetap bersih.

Karena tak menggunakan detergen, Enzim Freshmint digunakan dengan cara kering. Kamu tak perlu membasahi sikat dan berkumur sebelum menggosok gigi. Cukup lakukan menyikat gigi selama dua menit, setelah itu kamu bisa berkumur.

Ayo atasi mulut pahit saat sakit dengan Enzim Freshmint.

Bagikan artikel ini

Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Kamis

Beli di sini:

Close Menu