Agar Gigi Anak Tak Rusak Karena Coklat

Mother persuade her daughter to brush her teeth to make good habit

Sahabat Enzim – Makanan manis rentan membuat gigi si kecil menjadi rusak. Kandungan gula di dalamnya bisa menutupi enamel gigi. Ditambah dengan adanya bakteri dan asam, gigi menjadi mudah berlubang.

Coklat menjadi salah satu tersangka bagi kerusakan gigi seseorang. Dilansir laman Wimpoleclinic, dokter gigi dari London Giacomo Favero mengatakan orang tua tak perlu takut anak memakan coklat.

Biji kakao mengandung antibakteri yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam kakao. Coklat juga mengandung zat theobromine yang berkhasiat lebih banyak dibanding fluoride dalam mencegah kerusakan gigi.

” Theobromine mampu mengurangi asam dan melindungi gigi dari bakteri jahat penyebab gigi berlubang,” kata Favero.

Selain itu, makanan ini mempunyai kandungan seperti tannins, polyphenols, dan flavonoid yang bermanfaat untuk gigi. Polyphenols misalnya, kandungan ini bisa mencegah bau mulut dan infeksi pada gusi.

Menjadi masalah bila coklat yang dikonsumsi buah hati diberi gula tambahan. Misalnya susu coklat akan lebih dapat merusak gigi dibanding dark chocolate karena kandungannya gulanya yang tinggi.

Ahli gigi yang lain, Elaine Tilling mengatakan waktu yang tepat anak mengonsumsi coklat adalah setelah makanan berat. Coklat sebaiknya tak dimakan sepanjang hari karena menyebabkan mulut tak bisa menyeimbangkan asam.

Orang tua perlu mengingatkan anak segera menyikat gigi setelah buah hati mengonsumsi coklat. Konsumsi xylitol juga dapat mencegah gigi anak berlubang. Namun pastikan cara menggosok gigi yang dilakukan anak sudah benar.

Cara menggosok gigi yang salah akan menyebabkan sisa makanan masih terselip di rongga mulut. Untuk mengantisipasinya, segera periksa ulang setelah anak menggosok gigi.

Pastikan juga agar anak menggunakan pasta gigi yang benar sesuai kebutuhannya. Misalnya dengan menggunakan pasta gigi Enzim Anak yang dibuat tanpa detergen dan mengandung enzim aktif.

Enzim Anak menggunakan xylitol sebagai pemanis yang dapat melindungi dari gigi berlubang.

Di dalam Enzim Anak terdapat kandungan enzim amyloglucosidase, glucose-oxidase dan lactoperoxidase. Ketiga komponen enzim tersebut akan berbaur dengan air ludah dan berperan dalam pembentukan hipotiosianat.

Hipotiosianat berfungsi untuk menghambat perkembangbiakan bakteri, sehingga populasi bakteri dapat dikontrol (bakteriostatik). Dengan kondisi bakteriostatik, gigi dan mulut akan tetap sehat bebas dari penyakit-penyakit mulut seperti sariawan, gigi berlubang, gusi berdarah, bau mulut.

Sekarang, kamu tak perlu khawatir dengan gigi buah hati setelah mengonsumsi coklat yang nikmat, karena ada Enzim Anak. Enzim Anak ada empat pilihan rasa yang disukai anak-anak: strawberry, orange, bubble gum, dan tutty fruity (buah-buahan).

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
×
×

Cart

Need Help? Chat with us