Tak Gosok Gigi? Belasan Penyakit Ini Ancam Kesehatanmu

the image of bad gum trauma

Sahabat Enzim – Merawat kebersihan mulut tak hanya menjaga kesehatan gigi tetapi juga seluruh tubuh. Ada 14 jenis penyakit yang muncul karena malas menggosok gigi.

Dilansir Care, berikut sejumlah bahaya karena rongga mulut kotor.

1. Penyakit jantung

Malas gosok gigi akan membuat gigi berlubang dan rapuh. Jika kerusakan gigi telah sampai ke bagaian syaraf, ini berpotensi menyerang jantung.

2. Pembuluh darah tersumbat

Malas menjaga kebersihan mulut akan membuat plak berkumpul di dinding pembuluh darah. Alhasil aliran darah menjadi terhambat bahkan berhenti sepenuhnya.

3. Stroke

Karena aliran darah tersumbat, otak pun terganggu karena tak ada asupan oksigen sehingga memicu stroke.

4. Gigi berlubang

Semua orang tahu malas menggosok gigi akan menyebabkan lubang dan mudah tanggal. Tak hanya rasa sakit, mengunyah makanan menjadi tak sempurna.

5. Gangguan pernafasan

Malas gosok gigi mempengaruhi paru-paru. Pelbagai penyakit yang berkaitan dengan pernafasan bisa muncul seperti asma, infeksi, kanker paru-paru, dan lainnya.

6. Gusi berdarah

Mulut yang kotor menyebabkan gusi mengalami pendarahan dan menimbulkan infeksi.

7. Ludwig’s angina

Nama ini merupakan infeksi pada jaringan ikat dasar mulut karena bakteri. Penyakit ini membuat penderita terasa tercekik dan bisa berujung pada kematian.

8. Endocarditis

Endocarditis merupalan infeksi yang serius dari salah satu katup jantung. Infeksi ini terjadi saat inflamasi pada pembuluh darah gusi dan gigi. Akibatnya, munculah infeksi pada katup jantung.

9. Abses otak

Kumpulan nanah yang terbungkus kapsul di jaringan otak bisa disebabkan karena infeksi bakteri atau jamur.

10. Mediastinitis

Ini merupakan inflamasi pada rongga antara paru paru kanan dan kiri yang berisi jantung, pembuluh darah besar, kerongkongan, dan organ penting lainnya.

11. Osteomielitis rahang

Jika tak ingin terkena penyakit yang menginfeksi tulang rahang, sebaiknya kamu rutin menggosok gigi.

12. Selulit wajah

Malas menggosok gigi akan menyebabkan selulit di wajah. Kondisi ini disebabkan karena infeksi bakteri pada kulit.

13. Pneumonia

Pneumonia atau radang paru-paru disebabkan infeksi pada pembuluh darah. Hal tersebut bisa terjadi jika rongga mulut kotor.

14. Sepsis

Sepsis semacam respon sistem imun yang berlebihan saat menghadapi infeksi pada tubuh. Akibat lebih luas akan mempengaruhi tubuh dan pembekuan darah, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Penyakit-penyakit ini bisa dihindari jika Sahabat Enzim rajin menggosok gigi sehingga kuman tak menyerang tubuh. Waktu yang tepat adalah setelah makan dan sebelum tidur.

Pemilihan pasta gigi sebaiknya yang mampu menekan pertumbuhan bakteri seperti mengandung enzim dan tanpa detergen adalah solusi yang tepat.

Misalnya dengan menggunakan pasta gigi Enzim Classic Mild. Pasta gigi Enzim dibuat tanpa kandungan detergen sehingga dalam pemakaiannya tidak memerlukan air terlebih dahulu (berkumur).

Cara pemakaiannya tanpa membasahi sikat gigi dan tanpa berkumur, oleskan pasta gigi Enzim sepanjang bulu sikat, sikat gigi selama dua menit. Setelah selesai, baru berkumur.

Pasta gigi Enzim Classic Mildmemiliki rasa yang lembut, cocok digunakan remaja hingga dewasa.Berfungsi mengembalikan pertahanan air ludah, menjaga ekologi flora mulut, menghambat pembentukan plak, mencegah gigi berlubang dan masalah gusi, membantu mengatasi sariawan dan bau mulut.

Di dalam semua pasta gigi Enzim mengandung enzim amyloglucosidase, glucose-oxidase dan lactoperoxidase. Ketiga komponen enzim tersebut akan berbaur dengan air ludah dan berperan dalam pembentukan hipotiosianat yang berfungsi untuk menghambat perkembangbiakan bakteri.

Kandungan lain yaitu lysozyme dan lactoferrinberfungsi untuk membunuh bakteri jahat (bakteri pathogen).

Ayo mulai sekarang bersihkan gigi dan jaga kesehatan rongga mulut yang baik dan benar dengan pasta gigi Enzim Classic Mild. Gigi bersih, rongga mulut sehat dengan rutin menggunakan pasta gigi Enzim.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
Need Help? Chat with us