Cari Tahu Penyebab Gusimu Sering Berdarah

the image of bad gum trauma

Sahabat Enzim – Saat menggosok gigi, ada beberapa orang justru melihat gusinya berdarah. Tak hanya itu, kadang di saat tertentu gusi mengeluarkan darah dan membengkak. Inilah tanda munculnya penyakit gusi.

Dikutip laman Howstuffworks, terdapat sejumlah penyebab gusi mengeluarkan darah. Apapun alasannya, kamu harus tetap merawat kesehatan gusi dan rongga mulut.

1. Radang gusi

Radang gusi atau gingivitis menjadi penyebab dari gusi bengkak dan berdarah. Gusi meradang terdengar sepele namun bila tak tertangani dengan serius akan menyebabkan masalah kronis yang mengganggu organ vital tubuh.

2. Kehamilan atau perubahan hormon

Gusi lebih sensitif saat hamil. Ini disebabkan karena fluktasi kadar hormon yang meningkatkan aliran darah ke gusi dan jaringan tubuh lain. Hormon kehamilan juga mempengaruhi respon tubuh terhadap bakteri sehingga lebih rentan terhadap infeksi termasuk pada gusi.

3. Penyakit periodontal

Jika gingivitis tidak diobati dengan baik maka infeksi akan menyebar ke jaringan dan tulang yang menopang gigi. Alhasil kamu bisa melihat nanah di antara gigi dan gusi.

4. Gangguan darah

Penyebab lain gusi berdarah adalah gangguan pendarahan seperti idiopathic thrombocytopenic purpura. Penyakit ini ditandai darah yang tak bisa membeku, gusi dan mulut menjadi tempat pertama munculnya gejala penyakit ini.

5. Kebersihan mulut yang buruk

Kebersihan mulut yang buruk menjadi penyebab gusi berdarah dan bengkak. Kebersihan mulut dilakukan dengan menyikat gigi untuk membersihkan semua plak yang terakumulasi di gigi.

Bila sudah menjadi karang, pembersihan terhadap gigi perlu dilakukan agar tidak menyebabkan gusi berdarah.

Karena itulah, Sahabat Enzim, kamu perlu rajin menggosok gigi agar gusi berdarah tak muncul. Pilihlah pasta gigi yang mampu menekan pertumbuhan bakteri sehingga tidak membuat infeksi di rongga mulut.

Enzim 40 Plus menjadi pilihan tepat untuk mengatasi gusi berdarah. Pasta gigi ini dibuat dengan rasa yang lembut. Mengandung enzim-enzim dan protein-protein yang berfungsi untuk memperkuat kerja protein-protein alamiah di dalam air ludah.

Efektif untuk membantu mempercepat penyembuhan sariawan, mengurangi bau mulut dan mencegah terjadinya gigi berlubang.

Di dalamnya terdapat kandungan zat enzim aktif seperti amyloglucosidase, glucose oxidase, lactoperoxidase bermanfaat untuk mengembalikan kualitas air ludah agar dapat mengontrol keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut. Lysozyme dan lactoferrin bermanfaat untuk menangkal bakteri pathogen penyebab penyakit.

Potassium Nitrate bermanfaat untuk menghilangkan ngilu pada gigi sensitif. Serbuk Silica bermanfaat untuk menutup lubang dentin sehingga dapat mencegah terjadinya ngilu yang berulang. Allantoin bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka seperti sariawan dan gusi berdarah.

Kandungan lain seperti zinc gluconate bermanfaat untuk menetralisir bau mulut. Vitamin E bermanfaat untuk peremajaan jaringan jika ada luka di rongga mulut. Colostrum bermanfaat memberikan kelembaban pada rongga mulut sehingga mulut tidak kering.

Colostrumjuga bersinergi dengan enzimatik sistem yang ada di dalam semua pasta gigi Enzim, bermanfaat untuk meningkatkan kontrol terhadap bakteri di rongga mulut terutama pada kondisi mulut kering.

Ayo cegah dan atasi gusi berdarah dengan pasta gigi Enzim 40 Plus.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
Need Help? Chat with us