Ini Penyebab Gigi Ngilu Saat Minum Air Dingin

toothbrush ready to use

Sahabat Enzim – Pernahkah merasakan gigi ngilu saat makan atau minum yang dingin maupun manis? Mungkin kamu mengalami gigi sensitif karena penipisan atau hilangnya lapisan terluar gigi. Akibatnya, dentin atau lapisan tengah gigi menjadi terbuka.

Dentin terdiri atas tabung-tabung kecil menyambung ke ujung saraf dan dipenuhi cairan. Saat terkena minuman maupun makanan dingin, panas, manis, asam, cairan tersebut akan bergerak. Gerakan cairan inilah yang menyebabkan ujung saraf bereaksi sehingga memicu rasa ngilu di gigi.

Sedangkan penipisan lapisan terluar di gigi sering kali disebabkan cara menggosok gigi yang salah. Jika menyikat gigi dengan sikat gigi yang terlampau keras dan tidak melakukan gerakan memutar, lapisan atas gigi akan mudah terkikis.

Penyebab gigi ngilu lainnya yakni terjadi gangguan pada gusi dan jaringan penyangga gigi karena penumpukan plak di gigi, hal ini bisa membuat daerah leher gigi jadi terbuka.

Kebiasaan buruk menggeretakan gigi juga dapat membuat gigi sensitif yang rentan terjadi pada ibu hamil karena masalah hormonal.

Gigi sensitif ditandai rasa ngilu yang singkat selama mengkonsumsi makanan dan minuman. Berbeda dengan rasa ngilu jika ada gigi yang berlubang, rasa ngilu berkepanjangan.

Sebaiknya dicegah dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut dua kali sehari. Sikat gigi dilakukan pada pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Sikat gigi dengan benar dan gunakan sikat yang lembut.

Untuk mencegah dan meminimalisr gigi sensitif, Sahabat Enzim bisa menggunakan pasta gigi yang tepat untuk gigi sensitif. Biasanya mengandung enzim, protein kompleks, dan perlindungan terhadap email gigi.

Kandungan seperti ini ada di pasta gigi Enzim 40 Plus. Pasta gigi yang dibuat tanpa detergen ini mempunyai kandungan enzim aktif seperti amyloglucosidase, glucose oxidase, lactoperoxidase yang bermanfaat untuk mengembalikan kualitas air ludah agar dapat mengontrol keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut.

Lysozyme dan lactoferrin bermanfaat untuk menangkal bakteri pathogen penyebab penyakit.

Kandungan Potassium nitrate bermanfaat untuk menghilangkan ngilu pada gigi sensitif. Serbuk Silica bermanfaat untuk menutup lubang dentin sehingga dapat mencegah terjadinya ngilu yang berulang.

Allantoin bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka seperti sariawan dan gusi berdarah yang sering terjadi pada pengguna kawat gigi.

Colostrum dalam pasta gigi enzim 40 Plus bermanfaat memberikan kelembaban pada rongga mulut. Colostrum bersinergi dengan enzimatik sistem yang ada di dalam pasta gigi bermanfaat untuk meningkatkan kontrol terhadap bakteri di rongga mulut terutama pada kondisi mulut kering.

Ayo gunakan Enzim 40 Plus dengan formula advanced untuk mencegah dan memperbaiki gigi sensitif. Gigi tetap terawat, mulut tetap sehat bebas dari penyakit-penyakit mulut.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
Need Help? Chat with us