Cara Dapatkan Air Liur Berkualitas

toothpaste being applied on toothbrush

Sahabat Enzim – Air liur (saliva) dalam mulut mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya menjaga kebersihan rongga mulut dan menjaga kekuatan gigi, saliva bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, mempercepat penyembuhan luka, serta melindungi lambung.

Sayangnya, saliva bisa menurun kualitasnya karena gaya hidup kita. Kebiasaan merokok dan minuman beralkohol menjadi penyebab menurunnya kualitas air liur.

Kebiasaan yang salah menggosok gigi juga jadi memperparah kondisi saliva di mulut. Gosok gigi sebaiknya dilakukan minimal dua kali sehari, terutama setelah sarapan dan sebelum tidur di waktu malam. Jika tidak, saliva akan bercampur dengan bakteri dan sisa makanan sehingga menyebabkan bau mulut dan gigi berlubang.

Pemilihan pasta gigi yang salah juga menyebabkan kualitas air liur menurun. Pasta gigi yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) alias detergen membuat rongga mulut terasa kering dan merusak atau mencemari saliva. Sayangnya, mayoritas pasta gigi yang berada di pasaran menggunakan SLS untuk menghasilkan busa.

Sahabat Enzim, sebaiknya kamu memilih pasta gigi yang tanpa menggunakan busa seperti Enzim Fresh Mint. Selain tanpa detergen, kandungan enzim dan protein baik yang ada pada pasta gigi ini akan memperkuat kinerja protein alamiah dalam air ludah.

Karena tak menggunakan detergen, Enzim Fresh Mint dipakai dengan cara kering yang justru memperbaiki kualitas dan kuantitas saliva. Cara kering yaitu tanpa membasahi sikat gigi dan tanpa berkumur lebih dahulu.

Oleskan pasta gigi enzim sepanjang bulu sikat lalu sikatlah gigi selama dua menit, setelah itu baru berkumur.

Gerakan menyikat gigi akan merangsang keluarnya air ludah lebih banyak. Komponen dari air ludah akan bereaksi dengan kandungan zat aktif yang ada di dalam pasta gigi enzim seperti amiloglucosidase, glucose oxidase dan lactoperoxidase.

Hasil akhir dari reaksi antara komponen air ludah dan enzim-enzim yang berasal dari pasta gigi adalah hypothiocyanite. Hipothiosianat ini berfungsi sebagai inhibitor yang menghambat proses perkembangbiakan bakteri, sehingga bakteri dapat dikontrol perkembangbiakannya (bakteriostatis). Jika bakteri dapat dikendalikan maka kesehatan gigi dan rongga mulut akan terjaga.

Menggosok gigi dengan menggunakan Enzim Fresh Mint akan membuat gigi kita bersih dan rongga mulut terjaga kesehatannya. Kualitas air liur akan diperbaiki dan dijaga oleh Enzim Fresh Mint.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
×
×

Cart

Need Help? Chat with us