Benarkah Permen Karet Kuatkan Gigi?

Woman lying on the ground chewing bubble gum

Dream – Banyak orang beranggapan makan permen karet akan membuat gigi lebih kuat. Mengunyah permen karet juga dianggap lebih baik daripada mengonsumsi makanan manis. Namun benarkah demikian?

Pandangan itu ternyata tak sepenuhnya benar. Permen karet rendah gula memang lebih baik daripada makanan manis. Namun tetap saja berdampak buruk bagi kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan.

Berikut ini sejumlah dampak buruk mengonsumsi permen karet.

Merusak sendi rahang

Terlalu sering mengunyah permen karet bisa menyebabkan pembengkakan sendi rahang di mulut. Ini terjadi pada Claire Embleton, perempuan yang harus dioperasi karena sendi di rahangnya rusak.

Ahli bedah sampai memotong sebagain wajah Embleton untuk mengganti sendinya dengan logam. Penyebab kerusakan itu ternyata kebiasaan buruk mengunyah permen karet hingga tujuh jam setiap hari.

Bikin kembung dan metabolisme buruk

Mengunyah permen karet akan menyebabkan produksi air liur melimpah. Ini baik di awal namun akan buruk bila dilakukan terus menerus. Ketika mengunyah permen karet juga akan menghasilkan kantung kantung udara pada usus sehingga perut terasa kembung.

Menyebabkan bau mulut

Banyak orang beranggapan mengonsumsi permen karet dapat menghilangkan bau mulut. Nyatanya, mengonsumsi permen karet berlebihan justru merangsang bakteri karena tetap saja mengandung gula. Bakteri menjadi salah satu penyebab bau mulut.

Merusak gigi

Permen karet mengandung bahan-bahan kimia yang merusak gigi. Pengawet dan pemanis malah bisa mengikis lapisan email gigi sehingga menyebabkan lubang.

Daripada mengonsumsi permen karet, lebih baik menjaga gigi dengan menggosoknya secara teratur, terutama sebelum tidur. Aktivitas ini tetap menjadi solusi terbaik mengatasi bau mulut tak sedap.

Untuk menyempurnakan perawatan mulut, gunakan obat kumur untuk menghilang aroma nafas tak sedap. Obat kumur dapat membantu menghilangkan sisa makanan dan bakteri jahat di sudut mulut yang tak terjangkau sikat gigi.

Pilih obat kumur terbaik seperti Enzim Mouthwash. Air kumur ini mengandung enzim aktif alami, tanpa alkohol dan antiseptik.

Enzim Mouthwash berfungsi mengembalikan pertahanan air ludah, menjaga ekologi flora mulut, menghambat pembentukan plak, mencegah gigi berlubang dan masalah gusi, membantu mengatasi gigi sensitif dan bau mulut serta menjaga kesegaran mulut.

Yuk, hindari permen karet untuk mengatasi bau mulut dan kerusakan gigi. Ganti menjadi kebiasaan baik seperti berkumur menggunakan Enzim Mouthwash.

Bagikan artikel ini

Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Close Menu