7 Cara Atasi Bau Mulut Busuk

Woman annoyed by bad breath

Dream – Apa yang ditakutkan ketika kamu harus berbicara di sekeliling orang? Kamu mungkin akan menjawab bau mulut. Meski penampilan sudah keren dan wangi, semua akan sirna jika mulut kamu tercium bau.

Ya, bau mulut sering kali tak hanya membuat kamu tak nyaman. Orang di sekitarmu mungkin akan mengobrol sambil menjaga jarak. Alhasil, rasa kepercayaan dirimu akan lansung luntur.

Daripada membuat orang mencium bau mulut, biasanya kamu akan memilih diam, tak bersuara.

Bau mulut memang menjengkelkan. Aroma tak sedap yang keluar dari mulut kita disebabkan kurangnya cairan yang menimbulkan pertumbuhan bakteri tak terkendali.

Bakteri yang dibiarkan terus menerus akan mengolah sisa makanan menjadi plak. Timbunan makanan bercampur dengan bakteri inilah yang menyebabkan gigi berlubang dan nafas tak sedap.

Ketimbang kamu menutup mulut karena takut bau tak sedap tercium, lebih baik cari cara untuk mengusirnya. Dream punya tujuh tips mudah mengatasi bau mulut.

1. Gosok gigi secara teratur

Tak ada cara untuk mengusir si bau mulut selain menggosok gigi. Cobalahmembiasakan diri secara teratur menggosok gigi minimal dua kali sehari. Cara ini ampuh mencegah pertumbuhan plak di mulut. Pastikan sisa makanan yang menempel telah dibersihkan.

2. Sikat lidah dan langit-langit mulut

Orang sering lupa menyikat lidah dan langit-langit mulut saat menyikat gigi. Padahal lokasi ini merupakan tempat bakteri bersarang sehingga menimbulkan bau mulut.

3. Hindari makanan yang menyengat

Makanan yang menyengat seperti bawang, petai, jengkol yang akan mengeluarkan bau tak sedap. Makanan ini tak hanya menimbulkan bau busuk lewat mulut tetapi juga keringat yang mengucur dari kulit akan berbau menyengat.

4. Jangan merokok

Merokok dapat menimbulkan potensi penyakit kanker, serangan jantung, stroke, dan gangguan kesuburan. Namun efek pendeknya, rokok bisa meninggalkan noda pada gigi dan menimbulkan bau mulut.

5. Konsumsi buah-buahan

Buah-buahan memicu produksi air liur dalam mulut. Saliva atau air liur menjadi pembersih alami yang dapat menekan pertumbuhan bakteri sehingga terhindar dari bau mulut.

6. Konsumsi teh

Teh hitam maupun teh hijau mengandung polifenol dan dapat menghilangkan bakteri dalam mulut. Mengonsumsi teh secara rutin bisa mencegah nafas tak sedap.

7. Gunakan obat kumur

Mouthwash atau obat kumur dapat mengusir kuman dan bakteri sehingga napas terasa lebih segar. Gunakan setelah menggosok gigi untuk menyempurnakan lokasi dalam rongga mulut yang tak bisa dijangkau sikat dan pasta gigi.

Namun perlu diingat, obat kumur yang dipilih hendaknya bebas dari alkohol. Tambahan moutwash berupa alkohol biasanya menimbulkan sensasi bersih namun sejatinya malah justru membuat mulut kering. Saliva yang berkurang akhirnya menyebabkan bau mulut.

Kini ada Enzim Mouthwash, obat kumur yang mengandung ekstrak natural enzim yang dapat mengembalikan fungsi pertahanan alamiah air ludah (natural anti bacteria) yang bermanfaat untuk menghambat pembentukan plak, sehingga mencegah gigi berlubang dan masalah gusi, menjaga ekologi rongga mulut agar gigi dan gusi tetap sehat, membantu mengatasi gigi sensitif dan bau mulut, menjaga kesegaran mulut.

Sahabat Dream, bebaskan mulutmu dari bau tak sedap dan bisa mengobrol sedekat apapun dengan Enzim Mouthwash.

Bagikan artikel ini

Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Kamis

Beli di sini:

Close Menu