Gigi Kuat Buat Anak Tumbuh Optimal, Kok Bisa?

Smiling kids with healthy teeth has an optimal growth

Dream – Siapa mengira gigi susu yang rusak bisa menyebabkan sesuatu yang sangat fatal. Seorang anak di Maryland, Amerika, meninggal dunia akibat abses gigi yang menyebar ke bagian otaknya.

Gigi susu pada anak memang akan copot dan berganti dengan gigi permanen. Tapi bukan berarti gigi susu tidak perlu dirawat. Kerusakan gigi susu jadi masalah yang sangat umum pada anak. Padahal seharusnya hal ini sangat mudah dihindari.

Sebenarnya, fungsi gigi susu adalah menunggu gigi permanen yang akan keluar. Meski bersifat sementara, kesehatan gigi susu tetap harus diperhatikan. Gigi susu yang rusak dan tanggal sebelum waktunya bisa mengacaukan posisi gigi permanen nantinya.

Gigi susu yang rusak biasanya menimbulkan rasa nyeri dan tak nyaman pada anak, sehingga nafsu makannya menurun atau ia malas mengunyah dengan benar. Akibatnya, pertumbuhan si kecil bisa terhambat karena nutrisi yang dibutuhkan tidak terpenuhi.

Menurut Akademi Pediatrik Amerika, orang tua seharusnya membawa anaknya ke dokter gigi sejak gigi pertama tumbuh, yaitu sekitar usia enam atau tujuh bulan.

Tujuannya agar orang tua memahami teknik pembersihan gigi yang tepat untuk anak bayi dan balita serta untuk memastikan pertumbuhan gigi anak normal dan optimal.

Untuk perawatan di rumah, Akademi Pediatrik Amerika menyarankan agar menggunakan pasta gigi begitu anak telah memiliki gigi. Untuk anak usia di bawah dua tahun penggunaannya cukup seolesan tipis saja.

Sedangkan untuk anak dengan berusia dua sampai lima tahun bisa menggunakan pasta gigi seukuran kacang polong.

Untuk pasta giginya, pilihlah yang telah diformulasi khusus untuk anak-anak, seperti pasta gigi Enzim Anak Tutty Fruity. Dengan kandungan zat aktif yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan lingkungan mulut, bakteri atau kuman di dalam rongga mulut yang hidup di dalam air ludah tidak diberi kesempatan untuk berkembang biak.

Rongga mulut anak-anak masih sensitif, dan pasta gigi Enzim Anak tidak mengandung detergen, sehingga anak terhindar dari mulut kering.

Pasta gigi Enzim Anak memiliki aroma dan rasa yang disukai oleh anak-anak. Tujuannya agar anak-anak lebih nyaman dan senang menyikat gigi. Semua kandungan dalam pasta gigi Enzim Anak adalah food grade, sehingga aman bila tertelan.

Selain pasta gigi Enzim Anak rasa tutty fruity, juga tersedia varian rasa lain yang disukai anak-anak yaitu rasa strawberry, jeruk, dan bubble gum.

Enzim anak-anak dikembangkan khusus untuk anak-anak dengan komposisi yang sesuai dan rasa yang lembut. Sikat dengan baik mulai dari gigi pertamanya.

Menyikat gigi dengan pasta gigi enzim anak-anak adalah awal dari perlindungan kesehatan mulut dan memberikan pencegahan optimal dari kerusakan gigi.

Bagikan artikel ini

Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Close Menu