Setelah Sikat Gigi, Mengapa Makanan Terasa Pahit?

Dad is teaching his frivolous son to brush his teeth

Sahabat Enzim – Setelah sikat gigi, semua makanan terasa pahit dan tak menggugah selera lagi. Kita perlu beberapa waktu menormalkan lidah agar indra perasa kembali bisa mencecap makanan lezat. Mengapa bisa begitu?

Dilansir dari Wired, penyebab utamanya adalah senyawa yang di pasta gigi yaitu Sodium Lauryl Sulfate (SLS). Kandungan jenis detergen ini ditambahkan dalam pasta gigi untuk memperbanyak jumlah busa ketika menyikat gigi.

Sahabat Enzim, busa di sikat gigi sejatinya tak punya faedah namun secara psikologis membuat gigi kita terasa bersih. Detergen justru merusak rasa dan mengurangi kemampuan lidah. Bahkan, mulut akan terasa pahit bila bertemu dengan rasa asam.

Ketika makan setelah menggosok gigi, lidah kita akan sulit mengenali rasa manis di teh bergula. Saat makan jeruk, rasa pahit seketika akan muncul.

Jika diamati secara molekuler, detergen mengubah respon dari reseptor perasa di lidah. Zat ini mengacaukan membran lemak yang sebenarnya menyatukan tiap sel di lidah.

Contoh mudahnya seperti sabun cuci piring. Detergen dalam pembersih ini mampu menghilangkan lemak membandel di alat makan. Tapi rongga mulut kita kan sangat sensitif, tidak perlu detergen seperti di sabun cuci piring.

Karena itulah, Sahabat Enzim bisa memilih pasta gigi yang bebas dari detergen, misalnya Pasta Gigi Enzim Classic Mild.

Pasta gigi Enzim tidak menggunakan sodium lauryl sulfate sehingga tidak menyebabkan mulut menjadi kering dan tak merusak papilla indera pengecap, bahkan penggunaan rutin pasta gigi enzim dapat mengembalikan sensitivitas indera pengecap (lidah).

Dibuat dengan rasa yang lembut, Enzim Classic Mild mengandung protein kompleks seperti lysozyme dan lactoferrin. Kandungan ini memperkuat kerja protein alamiah yang terdapat dalam ludah.

Efektif untuk membantu mempercepat penyembuhan sariawan, mengurangi bau mulut, mencegah terjadinya gigi berlubang, dan serta mengembalikan rasa di lidah.

Karena tidak mengandung detergen, menggosok gigi dengan Enzim Classic Mild tidak perlu berkumur atau membasahi sikat. Cara menyikat kering ini justru merangsang melimpahnya air ludah sehingga bakteri jahat di mulut bisa ditekan.

Sahabat Enzim, gunakan Enzim Classic Mild untuk memperbaiki sensitivitas lidahmu. Setelah menggosok gigi dengan pasta gigi Enzim, cobalah makan jeruk atau makanan lainnya. Makanan lezat tak akan pahit lagi rasanya. Buktikan!

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
Need Help? Chat with us