Salah Pasta Gigi Merusak Lidah

Sahabat Enzim – Bagi pecinta kuliner, fungsi lidah sebagai indera perasa sangatlah penting. Rasa seenak apapun pada makanan akan terasa hambar bila lidah tak bisa mencecap dengan baik.

Sayangnya, mayoritas pasta gigi yang ada di pasaran mengandung sodium lauryl sulphate (SLS) atau detergen yang malah merusak fungsi lidah sebagai indera pencecap. Detergen pada pasta gigi membuat lidah yang ada pada rongga mulut menjadi kering dan tak optimal.

Berdasarkan Jurnal Kedokteran Gigi Norwegia di tahun 1989, SLS memberi efek berbusa pada gisi. Jenis detergen ini juga bisa melonggarkan perlekatan plak pada gigi sehingga mudah dibersihkan.

Namun, masih dalam jurnal yang sama, detergen ini mempunyai efek buruk mengurangi mineral yang kembali ke dalam gigi sehingga tak optimal mencegah gigi berlubang.

Tahun 1996, Jurnal Kedokteran Gigi Eropa menyebutkan penggunaan detergen pada pasta gigi membuat jaringan lunak di dalam rongga mulut rusak, termasuk yang ada pada lidah.

Sahabat Enzim, tak semua pasta gigi yang ada di pasaran mengandung SLS. Pasta gigi Enzim dengan enzymatic system tidak menggunakan detergen sehingga tidak membuat rongga mulut kering.

Pasta gigi Enzim mengandung Amiloglucosidase, Gluco-oxidase dan Lactoperoxidase. Ketiga kandungan enzim ini bekerja dengan cara mengembalikan fungsi sistem alamiah air ludah sehingga bisa menekan perkembangbiakan bakteri di rongga mulut.

Sedangkan protein kompleks lain yang ada pada pasta gigi Enzim adalah Lysozyme danLactoferrin. Penambahan lysozyme dan lactoferrin bertujuan untuk memperkuat fungsi pertahanan air ludah terhadap perkembangbiakan micro organisme yang secara alamiah sudah ada di dalam ludah.

Air ludah yang sehat bermanfaat membasahi dan melindungi seluruh rongga mulut. Liur melapisi jaringan epitel lidah dari zat-zat berbahaya seperti nikotin yang bisa merusak sensivitas indera perasa.

Pasta gigi enzim bahkan dapat mengembalikan sensivitas indera pengecap yaitu lidah kita karena tidak berfungsi meningkatkan kualitas dan kuantitas air liur di dalam rongga mulut. Fungsi sensitivitas lidah yang baik akan mampu mengurangi pemakaian garam, bumbu, dan gula pada makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Uniknya, setelah menggosok gigi dengan pasta gigi Enzim, Sahabat Enzim dapat langsung menikmati makanan atau minuman favorit tanpa ada perubahan rasa di lidah. Hal ini dikarenakan pasta gigi Enzim tidak menggunakan SLS atau detergen yang dapat mencemari lidah dan menurunkan sensitivitas lidah.

Enzim tersedia dalam pelbagai pilihan rasa. Tak hanya Classic Mild yang lembut untuk semua jenis gigi, ada juga Enzim Fresh Mint yang menyegarkan, Enzim 40+ yang mengandung colostrum, Enzim Orthodontic untuk pengguna kawat gigi, dan Enzim anak-anak dengan pilihan rasa buah.

Sahabat Enzim, gunakan pasta gigi Enzim untuk mengembalikan sensitivitas lidahmu. Makan tetap enak tanpa terasa hambar, jauh dari penyakit darah tinggi ataupun diabetes.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
Need Help? Chat with us