Manfaat Lain Menggosok Gigi Cara Kering

toothbrush ready to use

Sahabat Enzim – Cara sederhana yang sering disarankan para ahli untuk menjaga kesehatan rongga mulut adalah menyikat gigi secara rutin. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan setelah makan dan menjelang tidur malam, saran para ahli ini merupakan upaya pencegahan terjadinya penyakit gigi.

Menyikat gigi sebelum tidur malam sangat dianjurkan karena berkaitan erat dengan berkurangnya produksi air ludah saat tidur. Akibatnya, fungsi saliva sebagai penjaga keseimbangan perkembangbiakan bakteri menjadi berkurang.

Jika bakteri berkembang biak tidak terkontrol maka akan menghasilkan asam yang melarutkan lapisan gigi paling luar atau email.

Proses larutnya email tersebut pertanda dimulainya proses gigi berlubang, menyikat gigi dengan bahan yang tepat sangat diperlukan untuk mengantisipasi menurunnya fungsi kontrol air ludah terhadap bakteri akibat produksi air ludah yang berkurang.

Untuk menekan bakteri di mulut dan mencegah perusakan email gigi, pasta gigi yang sebaiknya digunakan adalah tanpa detergen. Sayangnya, hampir semua pasta gigi yang berada di pasaran mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) atau detergen.

Kandungan ini tak hanya membuat mulut kering dan menyebabkan tingginya perkembangbiakan bakteri, tetapi juga menimbulkan iritasi, luka mulut, bahkan penyakit kronis seperti kanker.

Alih-alih sehat, menggosok gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung detergen justru menimbulkan penyakit.

Tak banyak pasta gigi yang bebas dari detergen, Sahabat Enzim, salah satunya Enzim 40 Plus. Karena Enzim diformulasikan tanpa mengandung detergen sehingga tidak menghasilkan busa.

Detergen merusak kualitas air ludah dan membuat mulut kering serta merusak indera pengecap. Akibatnya, rasa makanan berubah menjadi pahit atau hambar sesaat setelah menggosok gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung detergen.

Berbeda dengan kebanyakan pasta gigi yang lain, penggunaan pasta gigi enzim adalah dengan cara kering. Cara kering yaitu tanpa membasahi sikat gigi dan tanpa berkumur lebih dahulu.

Oleskan pasta gigi enzim di bulu sikat lalu sikatlah gigi selama dua menit, setelah itu baru berkumur.

Karena tanpa mengandung sodium lauryl sulfat, Enzim 40 Plus tidak memerlukan tambahan air kumur untuk proses kerjanya. Cukup dengan gerakan mekanis menyikat gigi, rongga mulut akan terangsang untuk mengeluarkan air ludah sampai banyak.

Komponen dari air ludah akan bereaksi dengan kandungan zat enzim aktif yang ada di dalam pasta gigi enzim. Hasil akhir dari reaksi antara komponen air ludah dan enzim-enzim yang berasal dari pasta gigi ini adalah Hipothiosianat.

Hipothiosianat berfungsi sebagai inhibitor yang menghambat proses perkembangbiakan bakteri. Jika bakteri dapat dikendalikan maka kesehatan gigi dan rongga mulut akan terjaga.

Sahabat Enzim, menggosok gigi cara kering dengan menggunakan pasta gigi Enzim 40 Plus akan membuat gigi kita bersih dan rongga mulut terjaga kesehatannya.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
Need Help? Chat with us