Ketahui Arti 5 Jenis Bau Mulut

a man who has mouth disease

Sahabat Enzim – Makan menu-menu tertentu dan malas menggosok gigi sering kali menimbulkan masalah seperti bau mulut tak sedap. Tapi, penyebab lain bau mulut bisa jadi karena mulut kering atau berkurangnya air liur.

Nyatanya, bau mulut sendiri menunjukkan kualitas kesehatan kita. Dilansir dari laman Foxnews, ada lima jenis bau mulut tak sedap yang diakibatkan gejala penyakit tertentu.

1. Bau mulut seperti kapus barus

Bau mulut layaknya kapur barus menunjukkan adanya alergi atau ingus berlebihan. Hal ini disebabkan karena adanya masalah sinus kronis akibat bakteri di mulut mengubah protein dalam lendir menjadi senyawa tertentu yang disebut skatole.

2. Bau mulut rasa buah

Bau mulut yang beraroma buah menunjukkan kemungkinan penyakit diabetes. Gula dalam darah disebarkan ke seluruh tubuh untuk menjadi energi.

Jika tidak disalurkan, gula darah akan naik dan sel tubuh mulai membakar lemak untuk menjadi energi. Hasil sampingan inilah yang menghasilkan aroma buah.

3. Bau mulut seperti yogurt

Jika bau mulut seperti susu asam atau yogurt, artinya kamu alergi dengan laktosa. Bau ini menunjukkan protein dalam susu tak tercerna dengan baik. Gejala lain yang timbul seperti diare, kram, dan gas setelah mengonsumsi susu dan produk olahannya.

4. Bau mulut seperti popok

Bau mulut seperti ini menunjukkan kemungkinan adanya batu amandel. Bakteri atau sisa olahan makanan bisa tersangkut di tenggorokan akan membentuk lapisan di celah-celahnya. Baunya yang busuk seperti popok kotor.

5. Bau mulut busuk

Bau busuk menunjukkan kamu memiliki penyakit paru-paru. Aroma yang terlampau busuk meski sudah rajin menggosok gigi dengan benar menunjukkan adanya tanda-tanda paru-paru mulai terinfeksi atau bahkan adanya kanker di bagian ini.

Namun perlu dicermati, tes napas perlu dilakukan untuk mengidentifikasi penyebab sebenarnya. Dokter akan memastikan dengan stetoskop bahkan tes darah, x-ray, atau tes lainnya. Tapi kalau penyebabnya karena malas menggosok gigi, kamu harus mengubah kebiasaan buruk itu.

 

Cegah bau mulut dengan Enzim 

Sahabat Enzim, rajinlah menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Gosok seluruh permukaan gigi dan lidah untuk membersihkan sisa makanan dan bakteri nakal penyebab bau mulut.

Untuk melengkapi kebersihan gigi dan mengenyahkan bau mulut, berkumurlah dengan obat kumur. Pilihlah obat kumur yang tak hanya mencegah bau mulut tetapi juga menguatkan gigi dan menyehatkan mulut seperti Enzim Mouthwash.

Air kumur ini mengandung enzim aktif alami, tanpa alkohol dan tanpa antiseptik. Enzim Mouthwash berfungsi mengembalikan pertahanan air ludah, menjaga ekologi flora mulut, menghambat pembentukan plak, mencegah gigi berlubang dan masalah gusi, membantu mengatasi gigi sensitif dan bau mulut serta menjaga kesegaran mulut.

Di dalamnya, terkandung juga zat aktif seperti amyloglucosidase, glucose oxidase, lactoperoxidase yang bermanfaat untuk mengembalikan kualitas air ludah agar dapat mengontrol keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut.

Sementara, Potassium Nitrate bermanfaat untuk menghilangkan ngilu pada gigi sensitif. Allantoin bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka seperti sariawan dan gusi berdarah. Zinc Gluconate bermanfaat untuk menetralisir bau mulut.

Jangan malas gosok gigi dengan pasta gigi Enzim dan berkumur dengan Enzim Mouthwash untuk mengusir bau mulut tak sedap. Penggunaan Enzim Mouthwash yang disarankan adalah di antara waktu menggosok gigi dengan pasta gigi Enzim (in-between brushing).

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
×
×

Cart

Need Help? Chat with us