Awas, Ini Penyebab Gusi Bengkak

woman feels pain due to gumboil

Dream – Pernah merasakan gigi bengkak? Pasti tahu dong rasa sakitnya dan betapa tak nyaman mulut kita. Gusi bengkak biasanya diiringi dengan bau mulut atau gusi berdarah. Tahukah kamu jika gusi bengkak merupakan gejala gingivitis atau radang gusi?

Gusi bengkak yang tak diobati akan menyebabkan penyakit periodontitis. Penyakit ini akan menyebabkan infeksi jaringan lunak dan dalam jangka panjang bisa menghancurkan gigi.

Untuk mencegah gusi berdarah, kamu harus mengetahui penyebabnya. Faktor-faktornya adalah sebagai berikut:

1. Plak dan tartar

Sisa makanan di dalam mulut akan diolah bakteri menjadi plak. Plak inilah yang akan melapisi permukaan gigi dan menimbulkan warna kekuningan.

Plak tak hanya menyebabkan gusi bengkak tetapi juga gigi menguning. Plak yang tidak dibersihkan akan menjadi tartar kemudian mengeras dan menjadi karang gigi. Plak berubah menjadi tartar dalam waktu sepuluh hari.

2. Iritasi

Reaksi alergi karena obat-obatan, kawat gigi, bisa menyebabkan bengkak dan kemerahan di gusi. Pembengkakan ini juga bisa disebabkan karena salah memilih pasta gigi.

3. Sisa makanan

Sisa makanan di sela-sela gigi yang sulit dibersihkan akan terjebak di bawah gusi. Satu atau dua hari sisa makanan tersebut akan memicu pembengkakan. Kadang kala, bengkak mulai mereda ketika sisa makanan keluar sendiri.

4. Perbaikan gigi dengan cara yang salah

Gigi yang merenggang karena usia dan diperbaiki dengan cara yang salah akan menyebabkan sisa makanan terjebak di sela-sela gusi. Sisa makanan yang terjebak ini akan sulit dibersihkan dan lama kelamaan akan menyebabkan infeksi.

5. Hormon

Perubahan kadar hormon dapat menyebabkan gigi bengkak. Hal ini biasanya terjadi pada perempuan hamil atau yang sedang mengalami menstruasi.

6. Obat-obatan tertentu

Beberapa obat penurunan tekanan darah tinggi akan menyebabkan pertumbuhan berlebih di jaringan gusi. Alhasil terlihat seperti bengkak.

Sahabat Dream, kita dapat mencegah gusi bengkak mulai dari rumah. Caranya dengan mengatur pola makan seimbang dan banyak makan buah-buahan serta sayuran. Hindari makanan dan minuman manis, tembakau dan alkohol.

Sikat gigilah secara teratur dan segera ganti pasta gigi bila terasa tak nyaman di mulut. Kamu dapat menggantinya dengan Enzim Freshmint yang lebih cocok dengan kondisi rongga mulut.

Pasta Gigi Enzim FreshMint mengandung lima Enzim natural aktif, membantu melindungi air ludah dengan mengontrol keseimbangan bakteri dalam mulut. Enzim membantu mencegah gigi berlubang dan permasalahan gusi, menjaga gigi dan rongga mulut anda tetap bersih.

Jadi segera ganti pasta gigimu dengan Enzim Freshmint untuk mencegah gigi bengkak.

Bagikan artikel ini

Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Close Menu