Air Liur Cegah Gigi Berlubang

toothbrush and toothpaste

Sahabat Enzim – Air liur (saliva) ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang. Dilansir dari Kantor Berita Antara, ahli kesehatan gigi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia mengatakan mulut akan menjadi asam jika saliva berkurang.

Kondisi ini bisa melunakkan permukaan gigi atau demineralisasi sehingga mudah sekali berlubang. Lubang pada gigi akan kian membesar seiring dengan makanan yang menutupinya. Lambat laun, gigi yang keropos akan mudah pecah.

Saliva yang sehat dapat terlihat dari tingkat kekentalannya. Air liur yang sehat mempunyai kondisi yang encer. Sedangkan saliva yang kental akan sulit membersihkan gigi. Saliva yang kental berada pada kondisi asam sehingga berisiko merusak gigi.

Sahabat Enzim, cara menjaga kualitas air liur adalah dengan banyak mengonsumsi air dan mengunyah permen karet tanpa gula. Gerakan mengunyah bisa merangsang keluarnya saliva sehingga bisa mencegah karies atau kerusakan gigi.

Namun perlu dipahami, penggunaan pasta gigi juga mempengaruhi kualitas air liur. Pasta gigi yang menggunakan sodium lauryl sulfate (SLS) atau detergen justru membuat saliva berkurang dan rongga mulut menjadi kering.

Karena itulah, kamu perlu memilih pasta gigi yang tidak menggunakan SLS seperti Enzim Fresh Mint. Pasta gigi ini dibuat dengan rasa mint yang disukai oleh banyak orang dan mengandung enzim-enzim serta protein yang berfungsi untuk memperkuat kerja protein-protein alamiah di dalam air ludah.

Misalnya seperti enzim amiloglucosidase, glucose oxidase dan lactoperoxidase. Ketiga komponen enzim tersebut akan berbaur dengan air ludah dan berperan dalam pembentukan hypothiocyanite.

Hipotiosianat berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri. Efektif untuk membantu mempercepat penyembuhan sariawan, mengurangi bau mulut dan mencegah terjadinya gigi berlubang.

Sahabat Enzim, cara menggunakan pasta gigi Enzim Fresh Mint adalah tanpa membasahi sikat atau berkumur terlebih dahulu sebelum menggosok gigi. Cara kering ini justru merangsang produksi air ludah di dalam mulut.

Kandungan enzim-enzim aktif dalam pasta gigi Enzim langsung bekerja pada saliva sehingga kinerjanya lebih optimal.

Jangan ragu untuk gunakan Enzim Fresh Mint untuk memperbaiki kualitas air ludahmu.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
×
×

Cart

Need Help? Chat with us