3 Cara Seru Ajari Anak Gosok Gigi

two small children are learning to brush their teeth

Sahabat Enzim – Gigi susu anak mempengaruhi perkembangan gigi permanen saat mereka dewasa kelak. Karena itulah, anak perlu diajari menggosok gigi sejak kecil. Tujuannya agar gigi susu tumbuh sehat dan membangun kebiasaan baik.

Sayangnya, banyak orang tua merasa kesusahan mengajarkan anak menyikat gigi. Buah hati sering kali melakukan gerakan tutup mulut atau bahkan mengigiti sikat gigi yang mereka gunakan.

Berikut tiga cara seru agar orang tua tak kesusahan lagi mengajari anak menyikat gigi.

1. Teladan orang tua

Anak adalah peniru ulung tingkah laku orang dewasa. Orang tua perlu menggosok gigi di depan anak agar ditiru. Dengan cara demikian juga, anak bisa diajari tahapan menggosok gigi yang benar.

Jadikan menggosok gigi aktivitas yang menyenangkan bersama keluarga. Lambat laun, anak akan mengikuti dan menikmatinya.

2. Ajari lewat permainan atau lagu

Orang tua bisa membuat lakon tentang pentingnya menggosok gigi dengan boneka. Menciptakan lagu sendiri tentang menggosok gigi juga menjadi alternatif mengajarkan anak dengan cara yang menyenangkan.

Semakin kreatif Anda bercerita atau menciptakan lagu, kian tertancapkan pengetahuan menggosok gigi di otak anak.

3. Pilih pasta dan sikat gigi sendiri

Agar anak rajin menyikat gigi, biarkan mereka memilih sikat dan pasta gigi sendiri. Dengan bentuk dan rasa yang mereka sukai, anak akan lebih bersemangat menggosok gigi.

Namun perlu diperhatikan, orang tua sebaiknya membantu anak memilihkan sikat gigi dan odol yang tepat. Sikat gigi untuk anak harus berukuran kecil dan sesuai rongga mulut buah hati. Sikat gigi orang dewasa tidak tepat untuk mereka.

Sedangkan untuk pasta gigi, si kecil perlu mendapatkan penambahan kandungan baik. Perlu juga diingat, kulit rongga mulut anak-anak masih sensitif.

Orang tua perlu memilihkan pasta gigi anak yang bebas dari detergen sehingga tak membuat mulut mereka kering, misalnya pasta gigi Enzim Anak.

Selain tidak mengandung detergen, zat aktif di dalam pasta gigi Enzim Anak berfungsi untuk menjaga keseimbangan lingkungan mulut. Bakteri atau kuman di dalam rongga mulut yang hidup di dalam air ludah tidak diberi kesempatan untuk berkembang biak.

Sahabat Enzim, Enzim anak juga mengandung protein baik seperti amyloglucosidase, glucose oxidase, lactoperoxidase yang bermanfaat untuk mengembalikan kualitas air ludah agar dapat mengontrol keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut.

Menggunakan xylitol, Enzim Anak dapat mencegah gigi berlubang.

Pasta gigi Enzim Anak ditambahkan aroma dan warna-warni yang unik. Tujuannya agar anak-anak lebih nyaman dan senang menyikat gigi. Semua kandungan dalam pasta gigi Enzim Anak adalah food grade, sehingga aman bila tertelan.

Tersedia dalam empat varian rasa yang disukai anak-anak yaitu rasa strawberi, jeruk, bubble gum, dan tutty fruity (buah-buahan), Sahabat Enzim bisa rekomendasikan pasta gigi Enzim Anak ini.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
Need Help? Chat with us