Gigi Geraham Anak Berlubang, Perlu Dicabut?

small children with teeth-brushing poses

Sahabat Enzim – Gigi geraham berlubang bisa dialami siapa saja, termasuk anak-anak. Gigi berlubang terasa ngilu bila tidak ditangani dengan baik. Namun bila gigi anak yang mengalami masalah, perlukah dicabut?

Sebelum memutuskan dicabut, orangtua perlu memastikan gigi geraham yang bermasalah pada anak merupakan gigi susu atau gigi tetap. Hal ini menentukan perawatan yang akan diberikan.

Bila gigi geraham yang bermasalah adalah gigi susu, maka tak perlu buru-buru dicabut. Gigi geraham akan tanggal dan diganti dengan gigi permanen.

Gigi susu yang tanggal sebelum waktunya akan menyebabkan gigi permanen tumbuh tidak pada tempatnya. Alhasil bentuk deretan gigi akan berjejal.

Sedangkan bila yang berlubang adalah gigi permanen, pencabutan akan membuat gigi anak ompong selamanya. Karena itulah, orangtua mesti hafal urutan pergantian gigi anak untuk menentukan perawatan yang pas.

Gigi permanen yang berlubang sebaiknya dirawat dengan cara ditambal. Penambalan ini untuk mencegah gigi berlubang lebih luas sehingga membuat gigi tak bisa diselamatkan.

Sahabat Enzim, orang bijak mengatakan, mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebaiknya kita mencegah gigi berlubang pada anak sebelum kerusakan terjadi. Caranya dengan membiasakan gosok gigi secara teratur sebelum tidur dan setelah makan.

Langkah ini efektif mencegah perkembangbiakan bakteri agar tidak merusak gigi. Bakteri mengolah sisa makanan menjadi asam yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

Pemilihan pasta gigi untuk anak juga patut dipehatikan. Pilihlah pasta gigi yang tanpa detergen dan mengandung zat aktif yang baik untuk kesehatan gigi, seperti yang ada di pasta gigi Enzim Anak.

Pasta gigi Enzim Anak dibuat tanpa detergen dan mengandung enzim. Diformulasikan untuk anak-anak dari bahan food grade, pasta gigi ini ramah bagi lingkungan mulut dan aman bila tertelan. Pasta gigi Enzim Anak bermanfaat untuk menjaga agar gigi susu tetap tidak rusak hingga waktu tanggalnya, sehingga perkembangan intelegensia (IQ) anak juga turut terjaga.

Mengandung enzim-enzim aktif, seperti amyloglucosidase, glucose oxidase, dan lactoperoxidase, yang bermanfaat untuk mengembalikan kualitas air ludah agar dapat mengontrol keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut.

Karena menggunakan xylitol, Enzim Anak dapat mencegah gigi berlubang meski rasanya manis.

Mari rawat gigi si kecil dengan Enzim Anak. Tersedia rasa bubble gum yang pasti disukai buah hati.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
Need Help? Chat with us