Fungsi Bakteri Baik di Mulut, Apa Itu?

Dream – Ada ratusan jenis bakteri menghuni mulut kita. Saat mendengar kata bakteri, biasanya kita membayangkan sesuatu yang buruk. Tapi tahukah Sahabat Dream, ada juga bakteri yang baik dan harus dipelihara keberadaannya di dalam mulut kita.

Fungsi bakteri baik di dalam mulut adalah untuk menjaga populasi bakteri jahat yaitu bakteri yang bisa mengikis email dan melubangi gigi, tetap terkendali.

Lantas, bagaimana cara merawat bakteri baik di dalam mulut kita? Kamu bisa melakukannya dengan dua cara yang praktis dan mudah. Mulailah dengan membiasakan menjaga kebersihan mulut.

Tubuh yang bersih dan sehat tentunya akan membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dan buruk di dalam mulut. Belajar cara membersihkan mulut dengan benar sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ mulut kita.

Jika kebiasaan itu sudah terbentuk, mulailah mencari cara mencegah bakteri tak menumpuk pada gigi. Untuk melindungi gigi, bakteri yang menempel di gigi harus dalam jumlah yang tepat.

Tidak boleh terlalu banyak. Karena jika bakteri menumpuk di gigi, alih-alih melindungi, malahan akan merusak gigi.

Upaya pencegahan bisa dilakukan dengan memulai dari memilih pasta gigi yang tepat. Tahukah Sahabat Dream jika mayoritas pasta gigi yang beredar di pasaran memiliki kandungan detergen bernama Sodium Lauryl Sulphate.

Yup, detergen yang sama dengan bahan untuk mencuci baju. Kadar detergen dalam pasta gigi itu memang tak sebanyak detergen untuk mencuci.

Menurut buku berjudul Breath: Causes, Diagnosis, and Treatment of Oral Malodor, menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung detergen justru membuat bakteri jahat kian berkembang banyak tak terkendali.

Mengenali pasta gigi yang mengandung detergen sangat mudah. Cirinya, pasta gigi itu membutuhkan air agar bisa menghasilkan busa yang banyak saat digunakan. Pasta gigi seperti ini akan memberi rasa kesat dan kering setelah pemakaian.

Sayangnya rasa itu didapat karena bakteri baik di dalam mulut ikut hilang.

Dengan hilangnya bakteri baik, flora di dalam mulut menjadi tidak seimbang. Diperparah dengan kondisi mulut yang cenderung kering, bakteri jahat akan menjadi lebih mudah muncul dan melekat di gigi, tanpa bisa dikendalikan bakteri baik.

Sebaiknya, gunakan pasta gigi yang tak mengandung detergen dan memiliki enzim aktif yang dapat menjaga keseimbangan flora di dalam mulut. Seperti pasta gigi Enzim Fresh Mint.

Tak seperti pasta gigi berdetergen yang membuat mulut terasa kesat dan kering, setelah menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi Enzim Fresh Mint, rongga mulut kamu akan terasa tetap lembab dan sehat.

Ini dikarenakan kandungan enzim dan protein yang terdapat dalam pasta gigi Enzim Fresh Mint membantu melindungi air ludah dengan mengontrol keseimbangan bakteri dalam mulut.

Jadi, jangan asal bunuh bakteri karena ada sebagian yang bermanfaat bagi mulut dan gigi kita. Gunakan pasta gigi Enzim Fresh Mint untuk menjaga keseimbangan bakteri di dalam mulut kita.

Bagikan artikel ini

Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Close Menu