Deretan Makanan Perangsang Pertumbuhan Gigi Anak

A child that is happy and healthy

Dream – Memiliki anak yang masih bayi memang menyenangkan. Proses pertumbuhan mereka selalu penuh dengan keajaiban. Saat mereka belajar merangkak atau berjalan pasti selalu diabadikan para orang tua.

Selain itu, proses tumbuh kembang si kecil yang dinantikan adalah saat gigi susu mereka mulai tumbuh. Biasanya gigi seri jadi yang pertama tumbuh di gusi si buah hati. Meski dinantikan, masa tumbuh gigi susu ini juga bisa membuat pusing. Kondisi tersebut bisa bikin si kecil jadi rewel.

Eits, jangan pusing dulu dengan kerewelan si kecil, Sahabat Dream. Itu hal normal. Daripada pusing memikirkan kerewelannya, tahukah kamu kalau gigi susu mempunyai banyak manfaat bagi anak.

Tak hanya membantu pengunyahan, gigi susu berperan penting dalam proses pelafalan si kecil. Gigi susu juga menambah estetika si kecil tentunya. Tapi ada kalanya gigi susu si kecil tumbuh terlambat.

Lagi-lagi, cepat atau lambatnya pertumbuhan gigi memang berbeda pada setiap anak. Sahabat Dream tak perlu terlalu khawatir jika si kecil belum memiliki gigi susu. Cobalah cari tahu apa penyebab gigi si kecil belum tumbuh.

Beberapa makanan di bawah ini merupakan menu-menu yang dapat merangsang pertumbuhan gigi si kecil. Apa saja ya?

1. Keju

Kalsium yang ada di keju membuat produksi air liur lebih tinggi sehingga baik dan menyehatkan untuk kekuatan gigi.

2. Susu

ASI berperan penting meningkatkan pertumbuhan gigi pada anak. Susu mengandung vitamin dan kalsium sehingga perkembangan tulang dan gigi kuat.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, kangkung, dan bayam mengandung nutrisi seperti kalsium, asam folat, zat besi, dan vitamin lengkap. Semua mineral ini baik untuk gigi anak.

4. Ikan

Ikan salmon, tuna, sarden, mengandung vitamin D yang memperkuat pertumbuhan tulang dan gigi. Zat besi yang ada dalam ikan membantu tubuh anak memproduksi sel darah merah. Kalsium membuat jaringan tulang, otot, dan gigi berfungsi dengan baik.

5. Kacang-kacangan

Bila anak alergi dengan susu, kacang-kacangan bermanfaat baik sebagai pengganti. Kacang mengandung mineral lengkap seperti kalsium, seng, fosfor, zat besi, dan vitamin.

6. Buah-buahan

Buah-buahan kaya serat, vitamin, dan mineral. Kamu bisa mengolah buah seperti jeruk, stroberi, apel untuk merangsang pertumbuhan gigi anak.

7. Wortel

Wortel mengandung vitamin A dan mineral lengkap lain sehingga pertumbuhan gigi anak menjadi sempurna.

Sahabat Dream, jika gigi si kecil saat ini sudah mulai tumbuh, jangan lupa untuk merawatnya. Meski nantinya akan tanggal, gisi susu harus dirawat dengan benar agar lancar saat digantikan gigi dewasa.

Tak ada cara lain merawat gigi si kecil selain dengan menyikat gigi secara teratur. Pilih juga sikat yang lembut serta pasta gigi yang tepat.

Kamu bisa memilihkan pasta gigi seperti Enzim Anak. Pasta gigi ini dibuat dengan rasa buah-buahan yang pasti disukai anak-anak.

Kandungan enzim dan proteinnya bermanfaat membantu mencegah terjadinya kerusakan gigi pada anak-anak.

Ditambah dengan xylitol, Enzim Anak tetap terasa manis namun mampu memperkuat pertumbuhan gigi si buah hati.

Enzim anak-anak dikembangkan khusus untuk anak-anak dengan komposisi yang sesuai dan rasa yang lembut. Menyikat gigi dengan pasta gigi enzim anak-anak adalah awal dari perlindungan kesehatan mulut dan memberikan pencegahan optimal dari kerusakan gigi.

Bagikan artikel ini

Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Close Menu