Bahaya Gigi Berlubang Jika Tak Segera Diobati

Sahabat Enzim – Rendahnya tingkat kesadaran menjaga kebersihan gigi membuat orang rentan terkena gigi berlubang. Karena letaknya tersembunyi, mereka sering mengabaikan dan tidak peduli dengan bagian tubuh ini.

Jika dibiarkan terus menerus, gigi berlubang akan menyebabkan masalah kesehatan. Bahaya yang mengancam sampai menimbulkan penyakit kronis yang dapat berakibat pada kematian.

Gigi berlubang biasanya berwarna hitam atau coklat yang terjadi pada bagian geraham. Gigi yang sudah rusak dan tak segera ditangani seperti ditambal atau dicabut akan menyebabkan beberapa masalah, antara lain sebagai berikut.

1. Rasa ngilu di gigi

Gigi berlubang menyebabkan ngilu yang tak boleh dianggap sepele. Rasa sakit ini bisa menjalar ke telinga, rahang, bahkan sampai sakit kepala. Tak jarang, ngilu ini sampai membuat kita sensitif terhadap suara bising.

2. Berpengaruh struktur rahang

Gigi yang rusak akan mempengaruhi struktur gigi yang lain. Tentu saja ini berpengaruh pada struktur rahang jika lama-lama dibiarkan.

3. Terjadi abses

Abses merupakan kantong nanah. Gigi berlubang yang tak segera diobati akan menimbulkan infeksi dan menyebar ke jaringan lunak dari pulpa, mulut, atau rahang. Ini bisa menyebabkan abses di sekitar gusi dan menimbulkan rasa sakit yang menyakitkan.

4. Penyakit gusi

Gigi berlubang akan menyebabkan penyakit gusi atau gingvitis. Tandanya rasa nyeri dan peradangan pada gusi. Bagian ini juga terlihat bengkak dan berdarah ketika dipegang.

5. Penyakit jantung dan stroke

Gusi yang terluka memicu bakteri dalam mulut untuk memasuki aliran darah sehingga menyebabkan infeksi di otot bagian dalam jantung. Infeksi ini tentu membutuhkan pengobatan lebih lanjut.

Penelitian lainnya juga menunjukan hubungan gigi berlubang dengan stroke. Infeksi oral pada penderita cerebrovascular ischemia, kondisi di mana tidak cukup aliran darah yang dibawa ke otak, memicu terjadinya stroke iskemik.

Baik penyakit jantung maupun stroke, keduanya beresiko menyebabkan kematian.

Sahabat Enzim, cara mengatasi gigi berlubang, mau tak mau, harus ditambal atau bila sudah parah mesti ditanggalkan. Namun kita sebaiknya mencegah terjadinya gigi berlubang sebelum terlambat.

Caranya dengan menjaga kebersihan gigi seperti menggosok gigi setelah sarapan dan sebelum tidur. Pencegahan lain seperti banyak minum air putih dan menghindari makanan yang terlalu manis, diganti dengan buah-buahan.

Pemilihan pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang juga tak bisa sembarangan. Pilihlah pasta gigi yang mengandung zat aktif untuk menguatkan gigi dan ludah, misalnya seperti Enzim Fresh Mint.

Dengan rasa mint yang menyegarkan, pasta gigi ini mengandung enzim-enzim serta protein yang berfungsi untuk memperkuat kerja protein-protein alamiah di dalam air ludah. Efektif untuk membantu mempercepat penyembuhan sariawan, mengurangi bau mulut dan mencegah terjadinya gigi berlubang.

Di semua varian produk pasta gigi Enzim terdapat kandungan enzim amyloglucosidase, glucose oxidase dan lactoperoxidase. Ketiga komponen enzim tersebut akan berbaur dengan air ludah dan berperan dalam pembentukan hipotiosianat. Hipotiosianat berfungsi untuk menghambat perkembangbiakan bakteri.

Ayo cegah gigi berlubang sedini mungkin dengan Enzim Fresh Mint. Karena gigi adalah aset manusia yang sangat berharga.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
×
×

Cart

Need Help? Chat with us