Ajari Anak Gosok Gigi Setelah Sahur

the father is inviting his son to brush his teeth

Sahabat Enzim – Saat sahur setelah bangun tidur, rasa kantuk terasa menyerang setelah makan. Sikat gigi dianggap sebagai kegiatan sepele. Setelah salat subuh, orang memilih tidur daripada menyikat gigi. Perilaku ini juga sering dilakukan oleh anak-anak seusai sahur

Sama seperti tidak menggosok gigi di malam hari, tidak sikat gigi setelah sahur akan merusak kesehatan gigi dan mulut. Bakteri di mulut akan ikut menyantap menu sahur yang anak-anak makan.

Bakteri di dalam mulut akan mengolah sisa makanan sehingga menghasilkan asam yang melekat di gigi. Asam inilah yang menyebabkan karies (gigi berlubang) di gigi susu anak-anak, bahkan bila sudah parah gigi susu dapat tanggal sebelum waktunya.

Gigi susu yang tanggal sebelum waktunya akan menganggu pertumbuhan gigi dewasa. Gigi permanen akan kehilangan pemandu sehingga tumbuh berjejal dan tidak rapi saat buah hati menginjak dewasa kelak.

Di sisi lain, tanggalnya gigi susu akan menyebabkan anak-anak sulit mengunyah dan cenderung langsung menelan makanan dengan bantuan kuah.

Hal ini berdampak pada penyerapan nutrisi makanan di lambung tidak optimal selain memperberat kerja lambung. Akibat penyerapan nutrisi yang kurang optimal, pertumbuhan intelegensia (IQ) anak juga terganggu.

Tanggalnya gigi susu selain merusak fungsi estetika anak, juga berefek psikologis terhadap kurang percaya diri anak untuk tampil atau bersosialisasi. Selain itu, pengucapaan kata-kata juga akan terganggu, menjadi tidak jelas.

Karena itulah, Sahabat Enzim sebaiknya mengajak anak menggosok gigi sebelum tidur. Caranya dengan memberi contoh langsung dan memilihkan pasta gigi yang tepat.

Orang tua perlu memilihkan pasta gigi anak yang bebas dari detergen sehingga tak membuat mulut mereka kering dan yang bisa melindungi gigi susu anak dari kerusakan, misalnya pasta gigi Enzim Anak.

Selain tidak mengandung detergen, zat aktif di dalam pasta gigi Enzim Anak seperti amyloglucosidase, glucose oxidase, lactoperoxidase berfungsi untuk menjaga keseimbangan lingkungan mulut. Bakteri atau kuman di dalam rongga mulut yang hidup di dalam air ludah tidak diberi kesempatan untuk berkembang biak.

Menggunakan xylitol, Enzim Anak memperkuat lapisan gigi sehingga tidak mudah berlubang. Hasilnya, kerusakan gigi susu dapat dicegah dan kesehatan rongga mulut anak tetap terjaga.

Pasta gigi Enzim Anak ditambahkan aroma dan warna-warni yang menarik. Tujuannya agar anak-anak lebih nyaman dan senang menyikat gigi. Semua kandungan dalam pasta gigi Enzim Anak adalah food grade, sehingga aman bila tertelan.

Pasta gigi Enzim Anak tersedia dalam empat varian rasa yang disukai anak-anak yaitu rasa strawberry, jeruk, bubble gum, dan tutty fruity (buah-buahan).

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
×
×

Cart

Need Help? Chat with us