Yuk, Pelajari Anatomi Gigi Kita

the image of somone holding a replica of a tooth

Sahabat Enzim – Kita perlu bersyukur kepada Allah SWT karena telah menganugerahkan gigi kuat kepada kita. Tanpa gigi, makanan selezat apapun akan sulit dinikmati. Gigi juga memiliki fungsi estetika dan pelafalan saat mengucapkan kata.

Oleh karena itu, gigi mesti dirawat layaknya bagian tubuh kita yang lain. Caranya dengan menggosok gigi secara teratur minimal dua kali sehari, terutama sebelum tidur dan setelah makan.

Gaya hidup sehat seperti tidak merokok dan banyak mengonsumsi buah-buahan juga baik untuk gigi.

Kita perlu tahu anatomi gigi untuk mempermudah perawatan. Struktur yang ada pada setiap gigi adalah sebagai berikut.

1. Enamel atau email

Bagian ini terletak paling luar dan berwarna putih, lapsian ini sangat keras sehingga mampu melindungi gigi dari kerusakan. Email yang berwarna putih ini membuat gigi kita terlihat menarik.

2. Mahkota gigi

Ini merupakan bagian gigi yang terlihat atau tidak menancap di dalam gusi, email letaknya berada di mahkota gigi.

3. Akar gigi

Menancap di dalam gusi dan tulang rahang, setiap gigi memilki jumlah akar yang berbeda. Misalnya pada gigi geraham.

4. Dentin

Terletak di dalam gigi, strukturnya seperti tulang, bagian ini berasal dari jaringan mesoderm yang berfungsi menopang struktur gigi secara keseluruhan.

5. Sementum

Bagian gigi yang terletak pada tulang rahang. Fungsinya merekatkan gigi agar tidak goyang, sementum juga bertugas memberikan nutrisi makanan berupa phospor kepada gigi.

6. Ligamen periodontal

Ini merupakan jaringan lunak antara tulang rahang dan gigi. Fungsinya memiliki shock breaker atau peredam getaran sehingga gigi tidak membentur tulang rahan secara langsung.

7. Syaraf dan pembuluh darah

Bagian ini bertugas menyalurkan informasi dari gigi ke otak. Sedangkan pembuluh darah bertugas mengalirkan darah yang berisi nutrisi dan oksigen ke gigi sehingga tetap sehat.

Bagian-bagian ini perlu dirawat agar tidak rusak, Sahabat Enzim, karena jika mengalami kerusakan, efeknya bisa fatal hingga kematian. Sikat gigi secara rutin saja tidak cukup melainkan mesti memilih pasta gigi yang tepat seperti Enzim Classic Mild.

Enzim Classic Mild dibuat tanpa detergen dan dengan rasa yang lembut. Mengandung enzim-enzim dan protein-protein yang berfungsi untuk memperkuat kerja protein-protein alamiah di dalam air ludah.

Efektif untuk membantu mempercepat penyembuhan sariawan, mengurangi bau mulut dan mencegah terjadinya gigi berlubang.

Di semua varian produk pasta gigi enzim terdapat kandungan enzim amyloglucosidase, glucose-oxidase dan lactoperoxidase. Ketiga komponen enzim tersebut akan berbaur dengan air ludah dan berperan dalam pembentukan hipotiosianat yang berfungsi untuk menghambat perkembangbiakan bakteri.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
×
×

Cart

Need Help? Chat with us