Waspada 4 Efek Buruk Obat Kumur Beralkohol

the image of bad gum trauma

Sahabat Enzim – Pemakaian obat kumur setelah menyikat gigi sangat disarankan dokter. Menyikat gigi kadang tidak cukup untuk membersihkan seluruh bagian rongga mulut. Di sinilah peran obat kumur.

Berbentuk cairan, obat kumur bisa membantu menghilangkan kuman yang tersembunyi dan tak terjangkau oleh sikat gigi.

Obat kumur sejatinya memiliki banyak manfaat, seperti mengurangi gigi berlubang, mencegah penyakit gusi, bahkan melindungi kehamilan karena bisa mencegah bakteri masuk ke dalam peredaran darah.

Tapi jangan asal pilih obat kumur, Sahabat Dream! Penelitian menemukan bahwa obat kumur yang mengandung alkohol, alih-alih bermanfaat malah memberikan banyak kerugian.

Apa saja kerugian yang dirasakan jika berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol? Berikut daftarnya:

1. Membuat mulut menjadi kering

Jaringan tisu di rongga mulut sangat halus dan lembab. Penggunaan mouthwash yang mengandung alkohol memberikan rasa kesat di dalam mulut yang sebenarnya membuat jaringan tisu menjadi kering.

2. Menimbulkan sensasi terbakar di gigi, gusi dan bagian dalam pipi

Kondisi ini disebut iritasi mukosa mulut dan menimbulkan ketidaknyamanan selama beberapa waktu.

3. Meningkatkan jumlah bakteri di dalam mulut

Mulut yang kering membuat bakteri lebih mudah menumpuk dibandingkan mulut yang lembab. Hasilnya, bau napas menjadi tetap tak sedap karena banyak bakteri di dalam mulut.

4. Dalam jangka panjang bisa membahayakan tubuh

Ada obat kumur yang mengandung fenol, sejenis alkohol yang dikategorikan sebagai racun karena bisa diserap paru-paru dan kulit dan berpotensi menimbulkan kerusakan di ginjal dan hati.

Untuk hasil yang aman, kamu bisa menggunakan obat kumur yang alami yang bebas alkohol. Sebagian orang memilih untuk menggunakan baking soda untuk menghilangkan noda dengan ditambah daun mint atau minyak atsiri sebagai perasa.

Jika Sahabat Enzim menginginkan yang lebih praktis, pilih mouthwashyang bebas alkohol. seperti Enzim Mouthwash, obat kumur yang mengandung enzim aktif alami, tanpa alkohol dan tanpa antiseptik.

Mengandung beragam manfaat seperti mengembalikan pertahanan air ludah (natural antibacterial), menjaga ekologi flora mulut, menghambat pembentukan plak, mencegah gigi berlubang dan masalah gusi, membantu mengatasi gigi sensitif, bau mulut serta menjaga kesegaran mulut.

Enzim Mouthwash juga mengandung enzim AmyloGlucosidase (AMG), Glucose Oxidase (GO) dan Lactoperoxidase (LPO) yang berfungsi mengembalikan pertahanan air ludah secara alami. Membuat mulut tetap lembab sehingga ekologi flora mulut tetap seimbang.

Kandungan lainnya adalah Potassium Nitrate dan Hydrated Silica, yang bermanfaat untuk menghilangkan ngilu pada gigi sensitif. Allantoin, bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka seperti sariawan dan gusi berdarah. Serta Zinc Gluconate, yang bermanfaat untuk menetralisir bau mulut.

Dapatkan manfaat maksimal dari obat kumur dengan memilih obat kumur yang tepat, yaitu Enzim Mouthwash.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
Need Help? Chat with us