Wajib Tahu! Ini Tahapan Proses Pertumbuhan Gigi Si Kecil

Sahabat Enzim – Sebagai orang tua, apalagi yang baru memiliki anak, pasti sudah mengenal istilah gigi susu. Namun apakah kamu paham proses pertumbuhan gigi bayi sampai akhirnya berubah menjadi gigi permanen.

Sama halnya dengan kemampuan berbicara dan berjalan, fase pertumbuhan gigi bayi memiliki tonggak tersendiri. Sebelum seorang bayi lahir dan menatap ayah-bundanya, gigi sebetulnya sudah berkembang di bawah gusi dalam bentuk tunas gigi.

Laju pertumbuhan gigi bayi juga bervariasi. Salah satunya dipengaruhi oleh asupan kalsium saat sang ibu hamil. Makanya jangan heran jika ada beberapa bayi yang dikala lahir sudah mempunyai gigi.

Ayah atau bunda biasanya suka cemas jika sang buah hati belum juga memperlihatkan benda putih mutiara saat berusia tiga bulan, atau setelah ulang tahunnya yang pertama.

Nah, daripada ayah bunda cemas, yuk kenali proses pertumbuhan gigi bayi hingga akhirnya tumbuh gigi permanen. Dikutip dari laman babycenter.com, berikut adalah tahapannya:

Periode Bayi

Usia 4-7 Bulan

Pertumbuhan gigi umumnya sudah dimulai. Gusi si kecil mulai bengkah dan merah. Jangan cemas, itu adalah tanda gigi akan tumbuh. Dua buah gigi di bagian tengah dari gusi biasanya yang pertama kali muncul

Usia 8-12 Bulan

Di usia jelang setahun, biasanya mulai muncul gigi di bagian gusi atas di kecil. Fakta menunjukan, bayi perempuan biasanya lebih cepat memiliki gigi di bagian tengah gusi atas ini dibandingkan laki-laki

Usia 9-16 Bulan

Lihat sisi kanan dan kiri dari gigi tengah si kecil. Di masa inilah akan mulai terlihat gigi baru baik di bagian gusi bawah maupun atas. Biasanya, gigi susu si kecil ini akan tumbuh sepasang di kanan dan kiri dari gigi tengah.

Masa Batita

Usia 13-19 Bulan

Si kecil mulai memiliki geraham pertama di bagian atas dan bawah hampir bersamaan. Fakta menunjukan, gigi susu lebih putih dibandingkan gigi permanen.

Usia 16-23 bulan

Bagian gigi yang tajam, atau sering disebut gigi taring tumbuh. Ingat juga jika di usia ini si kecil belum juga menunjukan adanya gigi yang tumbuh, sebaiknya mulai periksa ke dokter. Tapi jangan dulu panik yak

Usia 23-31 bulan

Mulai terlihat munculnya gigi paling belakang, atau geraham kedua di bagian gusi bagian bawah.

Periode Prasekolah

Usia 25-33 bulan

Gigi gerahan kedua di gusi bagian atas sebentara lagi tumbuh menyusul gusi bawah

Usia 3 Tahun

Selamat, si kecil biasanya sudah memiliki 20 gigi susu lengkap

Usia 4 Tahun

Mulut mulai bersiap-siap menyambut gigi permanen. Tanda-tanda biasanya terlihat dari rahang dan tulang wajah yang semakin berkembang. Dua bagian ini tumbuh untuk mempersiapkan hadirnya si gigi permanen

Periode Anak-anak

Usia 6-12 Tahun

Bersiaplah melihat gigi anak kamu ompong. Selama periode ini, gigi anak akan diisi oleh gigi susu dan permanen yang saling menggantikan.

Biasanya gigi susu yang tanggal akan sesuai urutan saat bagian awal yang tumbuh. Artinya gigi tengah akan tanggal terlebih dahulu dan terakhir gigi gerahan.

Usia 12 Tahun

Proses pertumbuhan gigi sudah selesai. Si kecil kini sudah memiliki 28 set gigi permanen. Sementara gigi dewasa, empat geraham tambahan, akan tumbuh saat usianya mencapai 17-21 tahun.

Nah, setelah kamu mengetahui tahapan pertumbuhan gigi, hal penting yang tak kalah harus diketahui adalah memilih pasta gigi yang tepat. Pilih pasta gigi dengan bahan yang aman bagi mulut dan gigi anak-anak, bahkan jika tertelan oleh mereka. Contohnya, pasta gigi Enzim Anak rasa orange.

Pasta gigi Enzim Anak rasa orange tidak mengandung detergen, melainkan zat aktif yang dapat menjaga keseimbangan lingkungan mulut. Bakteri atau kuman di dalam rongga mulut yang hidup di dalam air ludah tidak diberi kesempatan untuk berkembang biak.

Hasilnya, kerusakan gigi susu dapat dicegah dan kesehatan rongga mulut anak tetap terjaga.

Pasta gigi Enzim Anak Orange memiliki aroma jeruk yang segar dengan warna kuning dan putih yang menarik. Tujuannya agar anak-anak lebih nyaman dan senang menyikat gigi. Semua kandungan dalam pasta gigi Enzim Anak adalah food grade, sehingga aman bila tertelan.

Pasta gigi Enzim Anak tersedia juga dalam varian rasa lain yang disukai anak-anak yaitu rasa strawberry, bubble gum, dan tutty fruity.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
×
×

Cart

Need Help? Chat with us