Obat Kumur Tuntaskan Bau Mulut?

a bunch of cinnamons and a bottle of its extraction

Sahabat Enzim – Saat bersilaturahmi di hari raya tentu penampilan harus terjaga. Terutama seputar kebersihan mulut dan gigi. Karena akan bertemu banyak orang dan mencicipi banyak makanan, kita mesti berhati-hati dengan yang namanya bau mulut.

Cara mudah untuk meredam bau mulut selama hari raya adalah membersihkan gigi sebelum tidur dan setelah makan. Namun tentu kita tak bisa selalu izin ke belakang untuk menyikat gigi setelah mencicipi makanan.

Padahal setelah 30 menit tak makan, keasaman mulut akan meningkat karena sisa makanan tidak dibersihkan. Alhasil, bau mulut mengancam.

Untuk menetralkan bau mulut sekaligus membuat nafas lebih segar, kamu bisa memanfaatkan beberapa ramuan berikut.

1. Ramuan cengkih

Disebutkan dalam jurnal tanaman obat Indonesia 2015, cengkih mengandung mintak atsiri sekitar 20 persen dan eugenol 60 persen. Minyak atsiri dikembangkan untuk mengobati gas dalam perut.

Selain itu, cengkih mampu mengurangi peradangan yang ada di selaput lendir mulut dan tenggorokan yang memicu bau mulut. Untuk mendapatkan khasiatnya, ambil tiga sampai lima bunga cengkih seduh lebih kurang lima menit kemudian tunggu lebih sedikit dingin. Gunakan air ini untuk berkumur.

2. Cairan sirih

Sirih tak hanya ampuh mengobati sariawan tetapi juga mengilangkan bau mulut. Penelitian yang dilakukan Laboratorium Biokimia Institut Pertanian Bogor menyebutkan, minyak atsiri dalam daun sirih memiliki senyawa antibakteri yang cukup besar.

Cara meramu ambil beberapa daun sirih kemudian cuci bersih. Kemudian rebus dengan 1,5 gelas. Setelah dingin, cairan ini bisa digunakan untuk berkumur setelah menggosok gigi.

3. Rebusan kayu manis

Riset di Amerika Serikat menunjukkan penggunaan kayu manis dalam permen karet dapat mengatasi masalah bau mulut. Kayu manis tidak hanya mampu menyamarkan aroma yang tak sedap tetapi juga mampu mencegah perkembangbiakan bakteri.

Untuk menggunakan kayu manis sebagai obat kumur, rebus dua batangnya dengan air secukupnya hingga mendidih. Setelah dingin, ramuan ini bisa digunakan untuk obat kumur.

4. Ramuan kapulaga

Kapulaga mempunyai sifat antibakteri alami dan mempunyai kandungan minyak atsiri. Saat dijadikan obat kumur, rasanya sejuk seperti daun mint.

Cara membuat obat kumur kapulaga adalah dengan merebus biji kapulaga. Kemudian diamkan hingga dingin. Campuran ini bisa menjadi obat kumur setelah menggosok gigi.

Cara di atas tentu saja tidak praktis dan memakan waktu untuk membuatnya, Sahabat Enzim. Jika kamu membutuhkan cara yang mudah, praktis dan tetap menjaga kesehatan rongga mulut, gunakan Enzim Mouthwash sebagai obat kumur.

Enzim Mouthwash mengandung enzim aktif alami, tanpa alkohol dan tanpa antiseptic. Berfungsi mengembalikan pertahanan air ludah, menjaga ekologi flora mulut, menghambat pembentukan plak, mencegah gigi berlubang dan masalah gusi, membantu mengatasi gigi sensitif dan bau mulut serta menjaga kesegaran mulut.

Di dalamnya mengandung zat enzim aktif seperti amyloglucosidase, glucose oxidase, lactoperoxidase, yang bermanfaat untuk mengembalikan kualitas air ludah agar dapat mengontrol keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut. Potassium Nitrate bermanfaat untuk menghilangkan ngilu pada gigi sensitif.

Allantoin bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka seperti sariawan dan gusi berdarah. Zinc Gluconate bermanfaat untuk menetralisir bau mulut.

Bebaskan bau mulut saat hari raya dengan Enzim Mouthwash. Bau mulut teratasi, kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
×
×

Cart

Need Help? Chat with us