Mulut Lembab, Dan Gigi Sehat

Sahabat Enzim – Air liur mempunyai pelbagai macam manfaat. Ludah atau liur bermanfaat untuk melembabkan dan membersihkan mulut serta mencerna makanan. Liur juga mencegah terjadinya infeksi dengan cara mengendalikan bakteri dan jamur dalam mulut.

Tapi ketika tubuh tak lagi mencukupi produksi air liur, mulut akan terasa kering dan menimbulkan masalah kesehatan.

Mulut kering dapat menimbulkan penyakit gusi, kerusakan gigi, dan mulut infeksi. Mulut yang kering juga menyebabkan sariawan atau luka di dinding dalam, lidah, dan gusi.

Dilansir dari Medicenenet, ciri mulut yang tak lembab adalah lengket, sering haus, muncul luka pada mulut, dan kering di tenggorokan. Bila kian parah, gejala lain muncul seperti rasa terbakar di mulut, lidah kering dan merah, sulit menelan makanan, suara serak, hingga bau mulut.

Untuk mengatasinya, ternyata minum banyak air sepanjang waktu tidaklah cukup. Dikutip dari sumber yang sama, penanganan mulut kering perlu dibantu dengan sikat gigi tiga kali sehari. Rongga mulut yang sehat akan memproduksi air liur yang melimpah sehingga rongga mulut tetap lembab dan segar, gigi dan gusi juga tetap sehat.

Namun ternyata, pasta gigi yang banyak beredar justru membuat mulut kering. Penyebabnya adalah kandungan Sodium Lauryl Sulfate (SLS) atau yang dikenal sebagai detergen. Idealnya, SLS hanya boleh digunakan kurang dari 0,0001 persen di pasta gigi. Namun produk yang ada di pasaran rata-rata mengandung SLS sekitar satu persen.

Alih-alih melembabkan gigi, pasta gigi dengan detergen justru membuat mulut kering kian parah. Jadi solusi mudah yakni mencari pasta gigi yang bebas dari detergen sekaligus melembabkan mulut kering. Misalnya seperti pasta gigi Enzim 40 Plus dan Enzim Orthodontic.

Dalam colostrum terdapat antibodi tinggi atau immunoglobulin. Imunoglobulin bereaksi terhadap benda asing terutama bakteri, jamur, dan virus.

Colostrum juga membuat mulut menjadi lembab. Kandungan colostrum dalam Enzim Orthodontic sangat tinggi, 10 kali lipat lebih tinggi daripada Enzim 40 Plus.

Sehingga untuk penderita mulut kering (xerostomia) sangat cocok menggunakan pasta gigi Enzim Orthodontic karena teksturnya yang lembut dan kandungan colostrumnya yang lebih melembabkan mulut.

Zat lain yang ada pada colostrum yakni lactoferrin, bermanfaat dalam cairan tubuh terutama jika ada peradangan. Adanya zat ini, sariawan dan gusi berdarah akan cepat disembuhkan. Penyembuhan luka di dalam rongga mulut juga dipercepat oleh kandungan allantoin dalam pasta gigi Enzim Orthodontic.

Sahabat Enzim, lembabkan mulut kering dengan Pasta Gigi Enzim Orthodontic.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
Need Help? Chat with us