Menyikat Gigi Cara Kering, Bisakah?

toothpaste being applied on toothbrush

Sahabat Enzim – Saat membersihkan gigi, kita sering membasahi sikat gigi atau berkumur sebelum menyikat gigi. Tujuannya agar menghasilkan busa yang melimpah saat pasta gigi bertemu dengan air. Busa yang melimpah menimbulkan sensasi kesat dan bersih seusai menggosok gigi.

Hal ini dikarenakan adanya sodium lauryl sulfate (SLS) atau detergen. Sodium lauryl sulfate bisanya ditambahkan pada produk sabun mandi, sampo, pembersih wajah, krim cukur, riasan mata, atau kosmetik lainnya.

Namun ternyata, SLS atau detergen justru malah berbahaya bagi kesehatan. Kandungan ini dapat menyebabkan iritasi, sariawan, dermatitis, radang, bahkan sampai kanker.

Sayangnya, mayoritas pasta gigi yang berada di pasaran masih mengandung SLS. Idealnya, SLS hanya boleh digunakan kurang dari 0,0001 persen di pasta gigi. Namun produk pasta gigi yang beredar di pasaran rata-rata mengandung SLS sekitar satu persen.

Berbeda dengan kebanyakan pasta gigi yang lain, Enzim Classic Mild tidak menggunakan detergen. Karena itulah, penggunaan pasta gigi enzim yang paling efektif adalah dengan cara kering. Maksud cara kering yaitu tanpa membasahi sikat gigi dan tanpa berkumur lebih dahulu.

Oleskan pasta gigi enzim sepanjang bulu sikat, lalu sikatlah gigi selama 2 menit, setelah itu baru berkumur.

Gerakan menyikat gigi akan merangsang keluarnya air ludah lebih banyak. Komponen dari air ludah akan bereaksi dengan kandungan zat enzim aktif yang ada di dalam pasta gigi enzim.

Alasan kedua menyikat gigi dengan cara kering adalah agar kandungan zat enzim aktif dalam pasta gigi Enzim tidak bereaksi dengan air terlebih dahulu. Agar optimal dan sesuai tujuannya, zat enzim aktif ini sebaiknya langsung kontak berbaur dengan air ludah untuk langsung efektif bekerja memperbaiki dan menjaga kualitas air liur dalam mulut.

Kandungan dalam Enzim Classic Mild seperti amiloglucosidase, glucose oxidase dan lactoperoxidase yang berbaur dengan air ludah berperan dalam pembentukan hypothiocyanite. Hipotiosianat berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

Jika bakteri dapat dikendalikan maka kesehatan gigi dan rongga mulut akan terjaga. Alhasil, menggosok gigi cara kering dengan menggunakan Enzim Classic Mild akan membantu mempercepat penyembuhan sariawan, mengurangi bau mulut dan mencegah terjadinya gigi berlubang.

Ayo menyikat gigi dengan cara kering untuk kesehatan mulutmu.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
×
×

Cart

Need Help? Chat with us