Kenali Manfaat Gigi Susu untuk Anak

a child telling her friend about the benefit of milk teeth

Sahabat Enzim – Banyak orang tua yang mengabaikan kesehatan gigi susu. Alasan mereka karena gigi susu hanya sementara, kelak akan tanggal dan berganti dengan gigi permanen. Karena itulah, mereka tak perlu menangani kerusakan gigi susu dengan serius.

Padahal anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Dikutip laman Enzim.com, gigi susu mempunyai peranan sangat penting bagi perkembangan anak.

1. Membantu perkembangan fisik dan intelegensia

Bila mengalami kerusakan pada gigi, anak biasanya menjadi susah makan dan cenderung memilih makanan yang lunak dan langsung menelan makanan tanpa mengunyah.

Ini sangat tidak baik bagi anak-anak karena sebaiknya mereka mengunyah makanansebelum ditelan.

Pengunyahan akan merangsang keluarnya air ludah, semakin sering anak mengunyah semakin banyak pula air ludah yang dihasilkan.

Air ludah tersebut akan tertelan bersama dengan makanan. Seperti diketahui, air ludah mengandung 40-50 macam protein yang berguna bagi perkembangan anak, baik fisik maupun intelegensia.

Protein-protein tersebut antara lain adalah lactoferrin, lysozyme, danlactoperoxidase.

2. Penuntun Pertumbuhan Gigi Permanen

Bila anak diambil gambar foto rontgennya akan terlihat bahwa di bawah atau atas gigi susu terdapat benih gigi permanen.

Pertumbuhan gigi permanen akan dituntun gigi susu yang akan tanggal pada waktu tertentu dan digantikan gigi permanennya.

Kalau gigi susu rusak dan terpaksa dicabut sebelum waktu tanggalnya, maka benih gigi permanennya akan kehilangan penuntun arah tumbuh. Hal tersebut bisa menyebabkan susunan gigi permanennya kelak tumbuh berjejal tidak rapi.

3. Fungsi Estetika

Anak dengan keadaan gigi rusak, terutama di bagian depan akan berkurang kelucuannya. Perlu dicermati beban psikologis anak ketika teman-temannya memberi komentar atau julukan kepadanya karena gigi ompong atau gigi rusak.

Gigi berperan dalam pengucapan huruf-huruf tertentu seperti F,V,S,Z,Th. Jika gigi mengalami kerusakan yang berat, maka pelafalan akan terganggu.

Kebanyakan pasta gigi anak mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS) atau detergenyang dapat mengakibatkan iritasi dan mempengaruhi indera pengecap kita. Pemakaian detergen di dalam pasta gigi mempunyai andil yang besar dalam merusak kualitas air ludah.

Padahal di dalam air ludah terdapat suatu sistem alamiah yang berfungsi menjaga keseimbangan lingkungan mulut.

Pasta gigi Enzim Anak memberi jawaban terhadap permasalahan tersebut karena tidak mengandung detergen. Selain tidak mengandung deterjen, kandungan pasta gigi Enzim Anak berbahan food grade sehingga ramah bagi lingkungan mulut dan aman bila tertelan.

Zat aktif di dalam pasta gigi Enzim Anak berfungsi untuk menjaga keseimbangan lingkungan mulut, sehingga bakteri/kuman di dalam rongga mulut yang hidup di dalam air ludah tidak diberi kesempatan untuk berkembang biak.

Hasilnya, kerusakan gigi susu dapat dicegah dan kesehatan rongga mulut tetap terjaga.

Kini, pasta gigi Enzim Anak hadir dengan kemasan yang menarik dan tersedia empat varian rasa yang disukai anak yaitu rasa strawberry, rasa jeruk, rasa bubble gum dan rasa tutty fruity (buah-buahan).

Penjelasan orang tua akan pentingnya merawat gigi susu anak akan merangsang minat anak-anak agar mau memelihara kebersihan gigi dan mulut dengan cara rajin menggosok gigi dengan Enzim Anak.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
Need Help? Chat with us