Kebiasaan Ini Sebabkan Monster di Gigi Anak

the baby is drinking with a pacifier

Sahabat Enzim – Karies atau gigi berlubang tak hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Penyebabnya, kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan gigi si buah hati berlubang, namun tidak disadari oleh orangtua.

Karies sewaktu kanak-kanak disebabkan paparan gula yang berlebihan. Biasanya terjadi pada anak yang minum susu dari dot atau botol. Bagian gigi depan mereka mengalami perubahan dan mulai keropos.

Karies pada anak jarang terjadi di rahang bawah,karena saat menggunakan dot minuman, lidah anak secara otomatis menutupi gigi bagian bawah.

Kerusakan gigi anak tambah parah ketika mereka meminum susu sampai tertidur. Saat tidur, susu dan sisa makanan akan tertinggal di mulut. Bakteri streptococcus mutans mengubah sisa makanan atau susu menjadi asam sehingga menyebabkan gigi berlubang.

Bakteri ini merupakan monster utama yang merusak gigi anak-anak hingga dewasa. Bentuknya bulat dan mudah tumbuh di dalam mulut. Kuman ini akan menghasilkan cairan lengket dan menjadi media yang baik bagi kuman-kuman lain yang menyebabkan gigi berlubang seperti staphylococcus.

Karena itulah, orangtua sebaiknya membersihkan gigi anak setelah minum susu atau mengonsumsi makanan. Untuk bayi bisa menggunakan kasa hangat dan minum air putih, tapi untuk anak-anak yang sudah bisa meludah, sebaiknya diajari menyikat gigi.

Selain itu, sebaiknya menghindari memberikan makanan pada waktu anak mengantuk. Jika sewaktu-waktu mereka tertidur, aktivitas menggosok gigi sulit dilakukan.

Menghadapai koloni monster di mulut ini, gigi anak membutuhkan lebih dari sekadar pasta gigi biasa. Misalnya seperti Enzim Anak. Pasta gigi ini mengandung enzim yang bisa mengoptimalkan fungsi ludah untuk menekan pertumbuhan bakteri jahat.

Enzim Anak mengandung amiloglucosidase, glucose-oxidase, dan lactoperoxidase. Ketiga komponen enzim tersebut akan berbaur dengan air ludah dan berperan dalam pembentukan hipotiosianat, yang berfungsi menghambat perkembangbiakan bakteri.

Tak hanya itu, Enzim Anak juga mengandung xylitol yang memperkuat lapisan gigi sehingga tidak mudah berlubang. Dibuat tanpa detergen, Enzim Anak diformulasikan dari bahan food grade sehingga ramah bagi mulut si kecil dan aman bila tertelan.

Yuk bantu anak hadapi bakteri jahat di rongga mulut dengan pasta gigi Enzim Anak. Gigi susu terjaga dan rongga mulut sehat, perkembangan IQ dan fisik anak lebih optimal.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
Need Help? Chat with us