Jangan Panik, Lakukan Hal ini Saat Gigi Si Kecil Tanggal

Doctor taking care of child with toothache

Dream – Gigi susu anak memang akan tanggal saat gigi dewasa mulai tumbuh. Proses tanggalnya gigi biasanya terjadi saat di kecil berusia sekitar enam tahun ditandai dengan goyangnya gigi susu.

Saat usia tiga tahun, biasanya di mulut si kecil sudah tumbuh 20 gigi susu. Sesuai urutan, gigi yang pertama kali tumbuh akan tanggal paling awal. Biasanya gigi seri bagian bawah akan tanggal diikuti bagian atasnya.

Tanggalnya gigi susu seorang anak merupakan proses normal. Meski anak biasanya akan rewel atau tak nyaman saat giginya mulai goyang, mereka jadi malas makan karena proses mengunyahnya terganggu.

Sebelum Sahabat Dream ikutan pusing menghadapi gigi tanggal si kecil, berikut beberapa tips yang bisa dipraktikkan para orang tua:

1. Beri tahu anak untuk tak menarik gigi sampai lepas saat giginya goyang

Hal ini justru akan memicu infeksi di akar gigi. Anak bisa menggoyang-goyangkan giginya dengan lidah untuk mempermudah penanggalan gigi.

2. Jika anak merasa sakit saat giginya goyang, artinya gigi permanen akan muncul

Untuk mengatasinya, ajak si kecil pergi ke dokter gigi buat mendapat obat penghilang sakit.

3. Perubahan warna dan bentuk gigi

Setelah gigi susu tanggal, gigi baru yang tumbuh biasanya lebih besar dan tak seputih gigi susu. Bagian mahkota akan bergerigi karena belum pernah mengigit. Pada kondisi ini, terus ajari anak menggosok gigi.

Agar gigi anak tetap sehat meski akan tanggal, Sahabat Dream perlu ingatkan mereka menggosok gigi secara rutin. Pilihkan pasta gigi yang sesuai dengan kebutuhan anak seperti Enzim Anak.

Pasta gigi Enzim Anak diformulasikan tanpa detergen dan mengandung enzim. Kandungannya berbahan food grade sehingga ramah bagi lingkungan mulut. Pasta gigi enzim anak bermanfaat untuk menjaga agar gigi susu tetap tidak rusak hingga waktu tanggalnya.

Pasta gigi Enzim Anak terdapat kandungan enzim natural aktif yang dapat membantu melindungi air ludah dengan mengontrol keseimbangan bakteri dalam mulut. Enzim membantu mencegah gigi berlubang dan permasalahan gusi, menjaga gigi dan rongga mulut anda tetap bersih.

Pasta gigi ini juga menggunakan xylitol, pemanis rasa yang dapat mencegah gigi berlubang.

Jadi, tak perlu lagi ragu dengan keamanan Enzim Anak untuk buah hati. Tersedia rasa tutty fruity yang pastinya disukai si kecil.

Bagikan artikel ini

Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
Close Menu