Ini Manfaat Air Liur Bagi Kesehatan Mulut

cigarettes that say stop

Sahabat Enzim – Air liur yang sehat berguna untuk kesehatan gigi dan mulut. Ciri-ciri saliva berkualitas baik adalah mempunyai tingkat keasaman (pH) antara enam hingga tujuh, bersifat bening dan encer.

Jika air liur kental dan memutih, artinya mengandung banyak asam dan kotoran. Kamu bisa melihat kualitas secara kasat mata dari keenceran dan warnanya.

Dilansir dari Better Oral Health, air liur memilki sederet manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menjaga kebersihan mulut. Air liur yang sehat dapat mencegah timbulnya bakteri di mulut.

Pembersih alami yang ada di air liur bisa mematikan berbagai virus termasuk HIV sebelum masuk ke tubuh. Air liur melindungi permukaan epitel mulut dari zat berbahaya seperti nikotin, alkohol, dan kimia lain.

Saliva juga mencegah kerusakan gigi dan mempercepat penyembuhan luka. Kalau binatang atau manusia luka teriris, secara refleks akan menjilati lukanya dengan air liurnya, karena saliva mengandung antibakteri alamiah.

Air liur yang sehat bisa melindungi enamel gigi dan membentuk pembuluh darah baru di dinding mulut.

Karena air liur mengandung banyak manfaat, kita sebaiknya membantu memperbaiki kualitas kandungannya. Caranya dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung enzim dan protein kompleks seperti Enzim Fresh Mint.

Pasta gigi Enzim Fresh Mint mempunyai rasa mint yang menyegarkan. Pasta gigi ini mengandung enzim-enzim dan protein-protein yang berfungsi untuk memperkuat kerja protein-protein alamiah di dalam air ludah.

Misalnya kandungan enzim amiloglucosidase, glucose oxidase dan lactoperoxidase. Ketiga komponen enzim tersebut akan berbaur dengan air ludah dan berperan dalam pembentukan hypothiocyanite. Hipotiosianat berfungsi sebagai inhibitor untuk menghambat perkembangbiakan bakteri.

Lysozyme dan lactoferrin bermanfaat untuk membunuh bakteri pathogen penyebab penyakit.

Bila perkembangbiakan bakteri dapat dikendalikan, air ludah akan berfungsi sebagaimana mestinya, dan gigi dan rongga mulut akan menjadi sehat, tidak akan terkena penyakit-penyakit mulut.

Hasil akhirnya, membantu mempercepat penyembuhan sariawan, mengurangi bau mulut dan mencegah terjadinya gigi berlubang. Pakai pasta gigi Enzim Fresh Mint secara rutin untuk memperbaiki dan menjaga kualitas air ludah (saliva) kita.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
×
×

Cart

Need Help? Chat with us