Gosok Gigi Kering Sehatkan Rongga Mulut

Sahabat Enzim – Hal sederhana yang disarankan ahli kesehatan rongga mulut adalah menyikat gigi secara rutin sebelum tidur. Saran para ahli ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit karena gigi yang kurang sehat.

Saat tidur, fungsi air ludah sebagai penjaga keseimbangan bakteri di mulut menjadi berkurang.

Jika bakteri berkembang biak tidak terkontrol maka akan menghasilkan asam yang melarutkan lapisan gigi paling luar (email). Inilah awal mula gigi berlubang. Bakteri yang tidak terkontrol memecah molekul protein menghasilkan gas sulfur.

Ini penyebab bau nafas tak sedap.

Menyikat gigi menjadi cara yang tepat untuk membantu fungsi gigi. Sayangnya, mayoritas pasta gigi yang berada di pasaran mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS) atau dikenal dengan detergen.

Adanya detergen inilah yang justru menyebabkan rongga mulut terasa kering. Tak hanya membuat kering, detergen juga merusak papila indera pengecap dan menyebabkan luka di rongga mulut menjadi lebih lama.

Karena itulah, diperlukan pasta gigi yang tidak mengandung SLS. Pasta gigi yang seperti ini biasanya tak perlu membasahi sikat gigi dan tanpa berkumur terlebih dahulu. Karena tanpa detergen, maka tidak memerlukan air dalam penggunaannya.

Cukup menyikat gigi seperti biasa, gerakannya akan merangsang air ludah sehingga keluar lebih banyak. Setelah menggosok gigi baru diakhiri dengan berkumur.

Salah satu pasta gigi yang menggunakan metode ini adalah Enzim Orthodontic. Pasta gigi ini mempunyai kandungan yang lembut namun memiliki daya bersih yang tinggi.

Sejumlah kandungan protein kompleks ada di dalamnya seperti colostrum, allantoin, amiloglucosidase, gluco-oxidase, lactoperoxidase, lysozyme, dan lactoferrin.

Enzim amiloglucosidase, gluco-oxidase dan lactoperoxidase yang terdapat di dalam pasta gigi akan memperbaiki fungsi bakteriostatik air ludah. Fungsi bakteriostatik adalah kemampuan air ludah menghambat pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut sehingga menjadi keseimbangan yang tetap/ statik.

Jika bakteri di dalam rongga mulut mampu dikendalikan maka rongga mulut akan senantiasa sehat.

Kandungan lysozyme dan lactoferrin di dalam pasta gigi akan memperkuat kerja protein-protein alamiah yang terdapat dalam air ludah sehingga pertahanan di rongga mulut dapat ditingkatkan.

Sementara colostrum di dalam pasta gigi enzim akan membantu melembabkan rongga mulut yang mengalami kekeringan. Kandungan allantoin di dalam pasta gigi enzim akan membantu mempercepat penyembuhan luka di dalam rongga mulut.

Sahabat Enzim, rasakan manfaat menggosok gigi tanpa berkumur atau membasahi sikat terlebih dahulu bersama Enzim Orthodontic.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
Need Help? Chat with us