Fungsi Fluoride Di Dalam Pasta Gigi

Kita sering membaca atau mendengar pentingnya menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk mencegah terjadinya gigi berlubang. Dalam artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara kerja fluoride.

Fluoride pada pasta gigi secara bertahap akan membantu melapis ulang email gigi (remineralisasi) dan memperkuat permukaan gigi yang telah didemineralisasi oleh asam bakteri. Pemakaian fluoride yang terus-menerus akan menghilangkan rasa ngilu pada gigi.

Maksud lain dari penambahan Fluoride pada pasta gigi adalah untuk melindungi gigi dari kerusakan. Kandungan yang terdapat di dalam fluoride memperkuat gigi dan melindunginya dari serangan cairan asam akibat bakteri. Fluoride bekerja dengan dua cara:

  1. Melapisi  dan memperkuat email gigi sehingga lebih tahan terhadap keasaaman, akibatnya gigi tidak mudah berlubang.
  2. Merangsang email gigi untuk memperbaiki kerusakan  ringan gigi pada tahapan white spot dengan jalan menstimulasi penyerapan kalsium. Dengan ini, gigi berlubang dapat dicegah karena terjadi proses remineralisasi.

Pasta gigi enzim juga memasukkan fluoride sebagai salah satu komposisinya karena  fluoride tidak mempunyai pengaruh negatif terhadap kerja enzim-enzim di dalam pasta gigi. Namun perlu diketahui, bahwa kemampuan menahan keasaman enzimatic sistem lebih tinggi daripada fluoride. Kandungan fluoride dan enzim-enzim didalam pasta gigi enzim akan mengakibatkan makin kuatnya pertahanan terhadap asam yang dihasilkan yang dihasilkan –terutama- oleh bakteri. Hasilnya, gigi terhindar dari kerusakan!

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
Need Help? Chat with us