Begini Cara Mengajarkan Anak Rutin Gosok Gigi

Slanted little girl is brushing teeth

Sahabat Enzim – Membiasakan anak menggosok gigi secara rutin memang tak mudah. Biasanya, yang terjadi adalah penolakan seperti gerakan tutup mulut, adu mulut dengan orang tua, hingga berlarian karena giginya tak mau disikat.

Sejatinya, kita bisa mulai mengajarkan anak menyikat gigi sejak giginya mulai tumbuh biasanya di usia enam bulan. Setelah minum susu atau mengkonsumsi makanan bayi, gigi anak bisa dibersihkan dengan cotton bud dan air.

Menginjak satu tahun, bisa menggunakan sikat gigi khusus anak yang berbulu lembut. Menggosok gigi sebaiknya 30 menit sebelum tidur.

Ketika anak sudah bisa meludah, orang tua bisa mengenalkan pasta gigi khusus anak. Orang tua mesti ekstra sabar melatih anak menggosok gigi secara rutin. Cara mudahnya ialah dengan memberi contoh menggosok gigi bersama-sama.

Waktu yang tepat untuk menggosok gigi bersama-sama adalah 30 menit sebelum tidur. Upayakan setelah menyikat gigi, anak tidak mengkonsumsi makanan dan minuman selain air putih.

Agar lebih bersemangat, anak diberi kesempatan untuk memilih pasta gigi dan sikat gigi sendiri. Tentu saja, sikat gigi dan pasta gigi yang digunakan adalah yang khusus untuk anak-anak dan tidak mengandung detergen atau zat berbahaya lainnya.

Jika anak sudah berusia lima tahun dan ingin mengganti pasta gigi seusai yang diinginkannya, orang tua sebaiknya tidak melarang. Namun, kita tetap harus memeriksa pasta gigi tersebut mengandung zat berbahaya atau tidak.

Zat berbahaya seperti sodium lauryl sulfate (SLS) atau detergen sering ditambahkan dalam kebanyakan pasta gigi yang dijual di pasaran. Padahal dalam jangka panjang, detergen dapat memicu kanker mulut dan kanker lainnya bila tertelan.

Sahabat Enzim, kita bisa mengarahkan anak-anak untuk menggunakan pasta gigi Enzim Anak yang aman mulai dari usia 6 bulan. Enzim anak dibuat tanpa deterjen dan mengandung protein kompleks.

Enzim Anak mengandung amyloglucosidase, glucose oxidase, lactoperoxidase yang bermanfaat untuk mengembalikan kualitas air ludah agar dapat mengontrol keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut.

Dibuat dengan empat varian rasa buah-buahan yang disukai anak-anak. Enzim khusus anak ini juga menggunakan xylitol, pemanis rasa yang dapat mencegah gigi berlubang.

Diformulasikan untuk anak-anak dari bahan food grade, semua pasta gigi Enzim Anak ramah bagi lingkungan mulut dan aman apabila tertelan.

Pasta gigi Enzim Anak bermanfaat untuk menjaga agar gigi susu tetap tidak rusak hingga waktu tanggalnya, sehingga anak tetap tampil percaya diri karena gigi susunya utuh, tidak rusak (fungsi estetika).

Ajari anak kebiasaan menggosok gigi secara rutin dengan Enzim Anak. Tersedia empat pilihan rasa, strawberri, jeruk, bubble gum, dan tutty frutty.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
Need Help? Chat with us