Air Liur Bermanfaat untuk Kesehatan Gusi

hands that are refusing cigarettes

Sahabat Enzim – Air liur (saliva), cairan dalam mulut ini sering kali dinggap menjijikkan dan diabaikan. Padahal, saliva memberikan banyak konstribusi untuk kesehatan mulut, termasuk gusi.

Penyakit yang sering menyerang gusi adalah gingivitis atau radang gusi. Penyakit ini disebabkan bakteri dalam plak pada gigi. Bakteri merusak gusi dan menyebabkan radang, bengkak, pendarahan dan nafas bau.

Jika dibiarkan terus menerus, infeksi kian berat sehingga dapat meluas dan merusak tulang rahang di bawah gusi. Penyakit ini bisa dicegah asal mempunyai saliva yang berkualitas.

Air liur mengandung senyawa yang bisa melarutkan makanan sehingga mudah dicerna. Protein dan mineral di dalam air liur dapat membentengi seluruh permukaan rongga mulut dan menekan pertumbuhan bakteri sehingga menurunkan resiko kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Tentu saja kerusakan gusi dapat dicegah bila kualitas air ludah baik. Untuk mendapatkan saliva yang berkualitas dapat minum cukup air putih dan menghindari makanan dan minuman penyebab dehidrasi.

Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol juga perlu dihindari karena dapat merusak kualitas air liur.

Selain itu, kualitas saliva dapat diperbaiki dengan memilih pasta gigi yang tepat. Sayangnya, mayoritas pasta gigi yang berada di pasaran mengandung sodium lauryl sulfate atau detergen. Adanya detergen justru membuat mulut kering dan saliva berkurang.

Sahabat Enzim, pasta gigi Enzim 40 Plus menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas saliva dalam mulut. Pasta gigi tanpa detergen ini efektif mengatasi mulut kering dan berkurangnya saliva.

Dalam Enzim 40 Plus terkandung colostrum yang bermanfaat memberikan kelembaban pada rongga mulut sehingga mulut tidak kering. Colostrum bersinergi dengan enzimatik sistem yang ada di dalam pasta gigi Enzim, dan bermanfaat untuk meningkatkan kontrol terhadap bakteri di rongga mulut terutama pada kondisi mulut kering.

Enzim amyloglucosidase, glucose oxidase, lactoperoxidase bermanfaat untuk mengembalikan kualitas air ludah agar dapat mengontrol keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut. Lysozyme dan lactoferrin bermanfaat untuk menangkal bakteri patogen penyebab penyakit.

Potassium nitrate bermanfaat untuk menghilangkan ngilu pada gigi sensitif. Silica berfungsi menutup lubang dentin pada gigi ngilu.Allantoin bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka seperti sariawan dan gusi berdarah. Alhasil, gingivitis dapat segera diobati sehingga tak menyebar ke bagian lain dan gigi ngilu juga dapat diatasi.

Ayo jaga kesehatan gusimu dengan pasta gigi Enzim 40 Plus.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
Need Help? Chat with us