7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Gigi Anak

kebiasaan buruk merusak gigi anak

Sahabat Enzim – Menjaga kesehatan gigi harus diterapkan sejak dini, kebiasaan buruk merusak gigi anak. Sehingga gigi anak tidak sehat berikut beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi anak.

1. Menggunakan dot

Orang tua sering kali memberi susu yang ditaruh di dot agar anak dapat tidur dengan cepat. Padahal, hal itu justru menyebabkan sisa susu menempel pada gigi yang kemudian menjadi plak.

Sebaiknya, jangan memberi anak minuman selain air putih atau makanan setelah mereka menggosok gigi pada malam hari.

2. Camilan ringan dan minuman manis

Kebanyakan mengonsumsi makanan dan minuman manis akan menyebabkan kadar gula tinggi dan dapat membuat keasamaan dalam rongga mulut meningkat.

Selain itu, lapisan gigi terluar akan terkikis dan menimbulkan lubang setelah mengonsumsi makanan manis.

3. Mengisap makanan dalam waktu lama

Anak-anak biasanya suka mengisap (mengemut) makanan dalam waktu lama tanpa dikunyah. Ini dapat memicu gigi berlubang karena produksi air liur berkuarang dan merusak keseimbangan bakteri dalam rongga mulut.

4. Mengisap jari

Mengisap jari memang membuat anak nyaman. Namun hal ini bisa memengaruhi bentuk kontur rahang sehingga gigi tumbuh berantakan.

5. Menggigit benda keras

Anak memiliki kebiasaan memasukkan berbagai macam benda ke mulut, mulai dari mainan hingga jarinya sendiri. Kebiasaan ini dapat menyebabkan trauma gigi, benda-benda yang dimasukkan juga sering menimbulkan infeksi atau gangguan pencernaan.

6. Tak tepat menyikat gigi

Anak biasanya menyikat gigi saat mandi. Padahal sikat menyikat gigi yang benar adalah sebelum tidurdan setiap setelah makan.

7. Malas periksa ke dokter

Kebanyakan orang tua pergi ke dokter hanya saat gigi anak bermasalah. Padahal kunjungan ini sebaiknya dilakukan saat anak tumbuh gigi atau paling lambat setelah berusia satu tahun.

Tujuh kebiasaan ini perlu dihindari anak-anak, Sahabat Enzim. Sebagai orang tua juga perlu mengajarkan kebiasaan baik seperti menggosok gigi secara teratur dan memilih pasta gigi yang tepat. Pilihlah pasta gigi tanpa detergen yang bisa menguatkan gigi buah hati seperti Enzim Anak.

Pasta gigi ini dibuat tanpa detergen dan mengandung enzim. Diformulasikan untuk anak-anak dari bahan food grade sehingga ramah bagi lingkungan mulut dan aman bila tertelan. Pasta gigi Enzim Anak bermanfaat untuk menjaga agar gigi susu tetap tidak rusak hingga waktu tanggalnya.

Di dalamnya mengandung enzim aktif seperti amyloglucosidase, glucose oxidase, lactoperoxidase yang bermanfaat untuk mengembalikan kualitas air ludah agar dapat mengontrol keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut. Menggunakan xylitol, pemanis rasa yang dapat mencegah gigi berlubang.

Jadi ajari anak menggosok gigi dengan Enzim Anak, tersedia rasa strawberry yang menyegarkan. Gigi susu tetap utuh dan terawat, penyerapan nutrisi ke tubuh anak akan optimal. Dengan demikian, perkembangan tubuh dan IQ anak juga menjadi optimal.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp

Beli di sini:

Close Menu
Need Help? Chat with us